ADVERTISEMENT

Ingat Ten Hag! De Gea Bukan Tipe Ball Playing Goalkeeper

Putra Rusdi K - Sepakbola
Selasa, 16 Agu 2022 06:40 WIB
BRENTFORD, ENGLAND - AUGUST 13: David de Gea of Manchester United  acknowledges the fans following the Premier League match between Brentford FC and Manchester United at Brentford Community Stadium on August 13, 2022 in Brentford, England. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
David de Gea bukan ball playing goalkeeper (Foto: Getty Images/Catherine Ivill)
Manchester -

David de Gea menunjukkan bukan kiper yang baik dalam menguasai bola. Ia bakal sulit menjalankan pola main Erik ten Hag yang build up dari belakang.

Manchester United dipermalukan Brentford 0-4 di di Gtech Community Stadium, Sabtu (13/8/2022). Empat gol The Bees lahir dari oshua Dasilva membuka keunggulan di menit ke-10, disusul Mathias Jensen (18'), Ben Mee (31'), dan Bryan Mbeumo (35').

Penjaga gawang MU, David de Gea menjadi pesakitan di laga ini. Dua dari empat gol Brentford bisa dibilang tak lepas dari kesalahan kiper asal Spanyol.

Gol pertama Brentford lahir akibat tangkapan De Gea yang luput. Sementara, gol kedua tuan rumah juga terjadi akibat keteledoran De Gea.

Ia tak cukup baik dalam melakukan build up. De Gea justru memberikan umpan ke Christian Eriksen yang tengah dalam kepungan pemain Brentford hingga bola bisa direbut Mathias Jensen, lalu dioptimalkan menjadi gol.

Gol Jensen ini semakin menunjukkan De Gea bukan tipe penjaga gawang baik dalam melakukan build up. Ten Hag tentu harus memutar otak karena dirinya mengusung pola main yang membangun serangan dari bawah.

Mantan pemain Liverpool, Danny Murphy, mengungkap bahwa Ten Hag harus menyesuaikan diri dengan kemampuan anak asuhannya terkait hal ini. Murphy juga mengakui bahwa De Gea bukan tipe penjaga gawang yang nyaman kala menguasai bola. Kiper asal Spanyol ini di level yang jauh dari Alisson (Liverpol) dan Ederson (Manchester City)

De Gea adalah penjaga gawang yang fantastis, terlepas dari dua kesalahannya yang mencolok di Brentford, tetapi dia tidak cukup nyaman dengan bola," tulis Murphy dikutip dari Daily Mail.

"Ederson di City dan Alisson di Liverpool cukup taktis untuk memainkan umpan yang tepat tetapi mereka juga tahu kapan harus memainkannya dan, yang terpenting, kapan tidak memainkannya," lanjutnya.

Kelemahan ini pula yang bikin De Gea terpinggirkan dari timnas Spanyol. Pasalnya, pelatih La Furia Roja, Luis Enrique, butuh kiper yang bisa melakukan build up.



Simak Video "Olok-olok Netizen atas Kekalahan Memalukan MU"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT