Dubravka ke MU, Haruskah De Gea Khawatir?

ADVERTISEMENT

Dubravka ke MU, Haruskah De Gea Khawatir?

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 30 Agu 2022 17:00 WIB
NEWCASTLE UPON TYNE, ENGLAND - AUGUST 22: Goalkeeper Martin Dubravka looks on during the Newcastle United Training Session at the Newcastle United Training Ground on August 22, 2022 in Newcastle upon Tyne, England. (Photo by Serena Taylor/Newcastle United via Getty Images)
Dubravka selangkah lagi akan bergabung dengan MU. Foto: Newcastle United via Getty Image/Serena Taylor
Jakarta -

Martin Dubravka selangkah lagi akan pindah ke Manchester United. Kedatangan kiper asal Slovakia itu diyakini bisa menambah kualitas di sektor penjaga gawang Setan Merah, yang selama ini terlalu mengandalkan David de Gea.

Dilaporkan Sky Sports, Dubravka akan bergabung dengan MU dengan status pinjaman dengan opsi dipermanenkan. Namun klausul itu bisa berubah menjadi kewajiban jika ia berhasil mencatat jumlah penampilan tertentu.

Dubravka juga sudah melapor kepada Newcastle United, klubnya saat ini, bahwa ia ingin pindah ke Manchester United. Kini Setan Merah punya waktu dua hari untuk menuntaskan kepindahan pemain 33 tahun itu, sebab bursa transfer akan ditutup pada 1 September mendatang.

Dubravka sudah menjadi kiper Newcastle sejak Januari 2018, dan sudah mencatatkan 127 penampilan di Liga Inggris. Ia juga berstatus kiper Timnas Slovakia. Namun di musim ini posisinya digeser oleh Nick Pope yang baru direkrut dari Burnley.

Ia juga tak masuk dalam skuad yang bertanding melawan Wolverhampton Wanderers akhir pekan lalu, menguatkan kabar dirinya akan segera meninggalkan St. James' Park. Ia juga diharapkan bisa meningkatkan persaingan di antara kiper-kiper MU.

MU membutuhkan kiper baru selepas kepergian Dean Henderson ke Nottingham Forest. Saat ini, manajer Erik ten Hag cuma punya De Gea dan Tom Heaton. Opsi ini dirasa terlalu sedikit, dan kualitas keduanya tidaklah setara.

Heaton sudah 36 tahun, dan absen berlaga di Premier League selama dua musim terakhir. Sedangkan performa De Gea kadang naik turun. Dua blundernya saat MU disikat Brentford 0-4 dua pekan lalu membuat Ten Hag merasa timnya butuh kiper tambahan.

Manchester United sempat mendekati Kevin Trapp, namun kiper asal Jerman itu memilih bertahan di Eintracht Frankfurt karena akan tampil di Liga Champions. Ia juga tampak enggan dirotasi dengan De Gea, sedangkan di Frankfurt ia menjadi pilihan utama.

Hadirnya Dubravka tak seharusnya menjadi ancaman bagi De Gea. Namun jika ia sampai membuat blunder lagi, Ten Hag diyakini tak ragu lagi untuk mencadangkannya karena sudah punya kiper baru yang tak kalah kualitasnya.

(adp/krs)

ADVERTISEMENT