Gol Coutinho ke Gawang Man City Dianulir, Villa Juga Dirampok Wasit?

ADVERTISEMENT

Gol Coutinho ke Gawang Man City Dianulir, Villa Juga Dirampok Wasit?

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Minggu, 04 Sep 2022 10:20 WIB
Jakarta -

Aston Villa punya kesempatan memenangi laga andai gol Philippe Coutinho tak dianulir wasit. Steven Gerrard menyebut wasit terlalu cepat bertindak.

Aston Villa menyelamatkan satu poin saat menjamu Manchester City di Villa Park, Sabtu (3/9/2022) malam WIB. Laga lanjutan Liga Inggris itu berkesudahan 1-1, dengan gol Erling Haaland dibalas oleh Leon Bailey.

Tuan rumah, yang banyak bermain menunggu, sebenarnya punya kesempatan membalikkan keadaan. Sepakan keras Coutinho pada menit ke-80 mengubah skor menjadi 2-1, namun wasit langsung meniup peluit tanda offside segera setelah melihat hakim garis mengangkat bendera.

Tayangan ulang menunjukkan bahwa Coutinho sebenarnya dalam posisi onside saat beranjak menjemput bola. Ia masih berada di belakang Joao Cancelo saat memulai larinya.

Manajer Villa Steven Gerrard menyebut wasit Simon Hooper bertindak terlalu cepat, padahal seharusnya membiarkan dulu permainan berjalan. Sebab masih ada Video Assistant Referee (VAR) yang bisa mengover keputusannya.

"Dia meniup peluit terlalu cepat dua kali. Dia melakukannya ketika Ezri Konsa berduel dengan Ederson. Kenapa meniup peluit? Kenapa enggak menunggu dulu dan memanfaatkan VAR kalau memang ada isu?" ujar Gerrard kepada BBC.

"Dan dia meniup pelui terlalu dini pada gol Phil. Saya punya alasan-alasan jelas kenapa tidak menyaksikan Match of the Day (Acara BBC) selama empat pekan, tapi saya akan menyaksikannya malam ini untuk melihat apa yang akan dikatakan para ahli soal kejadian ini, karena saya pikir wasit terlalu cepat dengan peluitnya," imbuhnya.

Kontroversi juga mewarnai laga Chelsea vs West Ham United. Gol Maxwel Cornet yang semestinya bisa menyamakan kedudukan untuk The Hammers dianulir karena wasit menilai lebih dulu terjadi pelanggaran terhadap kiper Edouard Mendy.

(raw/mrp)

ADVERTISEMENT