Badan Wasit Liga Inggris Akui VAR Bikin Kontroversi Pekan Ini

ADVERTISEMENT

Badan Wasit Liga Inggris Akui VAR Bikin Kontroversi Pekan Ini

Putra Rusdi K - Sepakbola
Senin, 05 Sep 2022 06:00 WIB
LONDON, ENGLAND - MAY 07: The LED screen shows the VAR decision to disallow the goal by Ruben Loftus-Cheek of Chelsea (not pictured) for offside during the Premier League match between Chelsea and Wolverhampton Wanderers at Stamford Bridge on May 07, 2022 in London, England. (Photo by Jack Thomas - WWFC/Wolves via Getty Images)
Badan Wasit Liga Inggris akui VAR bikin kontroversi pekan ini (Foto: Wolves via Getty Images/Jack Thomas - WWFC)
London -

Badan Elite Wasit Liga Inggris mengakui VAR bikin kontroversi. VAR menganulir gol saat Chelsea vs West Ham United dan Newcastle United vs Crystal Palace.

Liga Inggris pekan ini diwarnai beberapa kontroversi terkait keputusan dari Video Assistant Referee (VAR). Kontroversi tersebut di antaranya hadir dalam laga Chelsea vs West Ham United dan Newcastle United vs Crystal Palace.

Pada laga Chelsea vs West Ham, VAR menganulir gol The Hammers yang dibuat oleh Maxwel Cornet di menit akhir. VAR membatalkan gol ini akibat dianggap ada pelanggaran terlebih dulu yang dilakukan oleh Jared Bowen kepada kiper Chelsea Edouard Mendy.

Padahal tampak bola dalam situasi 50-50 antara Bowen dan Mendy. Akibat gol Cornet yang dianulir tersebut Chelsea bisa mengamankan kemenangan 2-1.

Sementara di laga Newcastle vs Palace, VAR juga menulir gol. Mereka membatalkan gol bunuh diri pemain Palace, Tyrick Mitchell.

VAR menganggap terjadi pelanggaran lebih dulu terhadap kiper Palace, Vicente Guaita yang dilakukan oleh Joe Willock. Padahal, Willock menabark Guaita akibat didorong Mitchell.

Dikutip dari Independent, pihak Liga Inggris meminta Badan Elite Wasit Liga Inggris (PGMOL) melakukan penyelidikan terhadap kontroversi ini. PGMOL secara terbuka menerima permintaan dari Liga Inggris tersebut.

PGMOL juga mengakui adanya VAR telah membuat keputusan kontroversial menganulir gol di laga Chelsea vs West Ham dan Newcastle vs Palace. Keputusan VAR ini bakal diselidiki oleh tim independen yang berisi lima ulang terdiri dari pihak Liga Inggris, PGMOL dan tiga orang mantan pemain.

"PGMOL mengakui telah terjadi insiden dalam menganulir gol di pertandingan Chelsea v West Ham dan Newcastle v Crystal Palace," bunyi pernyataan PGMOL.

"Kami akan sepenuhnya bekerja sama dan berkolaborasi dengan Liga Premier terkait permintaan mereka untuk meninjau dua insiden ini secara khusus. Kami akan menggunakan hasilnya sebagai bagian dari penilaian kinerja mingguan yang sedang berlangsung dan pengembangan ofisial pertandingan kami ke depan."



Simak Video "Gol Marcos Alonso Jadi Penyelamat Chelsea dari Kekalahan "
[Gambas:Video 20detik]
(pur/aff)

ADVERTISEMENT