Arsenal Sudah Berbeda, tapi Belum Waktunya Bicara Juara

ADVERTISEMENT

Arsenal Sudah Berbeda, tapi Belum Waktunya Bicara Juara

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Selasa, 20 Sep 2022 11:08 WIB
BRENTFORD, ENGLAND - SEPTEMBER 18: Fabio Vieira celebrates scoring Arsenals third goal with Gabriel Martinelli and Gabriel Magahaes during the Premier League match between Brentford FC and Arsenal FC at Brentford Community Stadium on September 18, 2022 in Brentford, England. (Photo by David Price/Arsenal FC via Getty Images)
Arsenal dinilai belum layak disebut kandidat juara Premier League. (Foto: Arsenal FC via Getty Images/David Price)
Jakarta -

Arsenal memulai musim ini dengan tangguh dan dipuji-puji sudah lebih matang dibandingkan sebelumnya. Tapi untuk bicara soal juara, nanti dulu.

Arsenal langsung tancap gas di Premier League musim ini. Mereka menyapu bersih lima pekan pertama, lalu sempat kalah di markas Manchester United tapi langsung kembali ke jalur kemenangan dengan menghabisi Brentford pekan lalu.

Start skuad besutan Mikel Arteta itu cukup untuk menempatkan mereka sebagai pemuncak klasemen Liga Inggris sementara. Dengan 18 poin, The Gunners unggul satu poin dari kandidat kuat juara Manchester City dan dari Tottenham Hotspur.

Penampilan apik Arsenal di awal musim ini dinilai tak lepas dari moncernya pemain-pemain yang baru bergabung seperti Gabriel Jesus dan William Saliba. Saliba memang sudah direkrut sejak 2019, tapi menghabiskan tiga musim berikutnya di berbagai klub sebagai pinjaman dan terasa seperti rekrutan baru musim ini.

Kedatangan Jesus menyuntikkan pengalaman dan mentalitas juara buat Arsenal. Penyerang asal Brasil itu dinilai sudah bikin lini depan klub London utara tersebut lebih padu dan rekat.

Namun penyerang legendaris Premier League Alan Shearer menilai masih terlalu cepat untuk menyebut Arsenal kandidat kuat juara. Meski demikian ia mengakui mereka sudah tumbuh pesat sebagai tim.

"Ini bukan waktunya membicarakan mereka sebagai penantang juara, tapi orang-orang sekarang tahu bahwa ini adalah Arsenal yang berbeda dibandingkan tim yang kita lihat 13 bulan lalu," tulisnya dalam kolom di BBC.

"Kemenangan 3-0 The Gunners di Brentford menegaskan perkembangan di bawah Mikel Arteta, karena kita semua ingat apa yang terjadi di pertemuan ini pada pekan pembuka musim lalu, ketika 'Si Lebah' bukan cuma mengalahkan mereka, tapi juga merisak mereka."

"Semuanya berbeda kali ini, dalam hal serangan dan pertahanan, plus cara mereka mengontrol pertandingan, dan dengan sikap serta intensitas mereka. Mereka keluar sebagai pemenang dengan nyaman," imbuhnya.

Shearer menyebut laga-laga awal Oktober nanti akan memberikan gambaran lebih jauh soal Arsenal. Sebab saat itu mereka akan menghadapi tes dari Tottenham Hotspur dan Liverpool.

"Saya masih merasa target utama Arsenal adalah kembali ke empat besar untuk kali pertama sejak 2016, dan mereka belum banyak melakukan hal yang salah sejauh ini," ungkapnya.

"Partai liga mereka yang selanjutnya di awal Oktober adalah di kandang melawan Spurs dan Liverpool, itu akan memberi tahu kita lebih banyak apakah mereka bisa menjaga start bagus ini. Tapi sekarang ini, para suporter mereka akan menikmati apa yang mereka lihat," pungkas top skor sepanjang masa Premier League tersebut.

Lihat juga video 'Arsenal Menang, Sejarah Baru Terukir di Liga Inggris':

[Gambas:Video 20detik]



(raw/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT