Sudah Waktunya Liverpool Kembali ke Dasar

ADVERTISEMENT

Sudah Waktunya Liverpool Kembali ke Dasar

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Selasa, 04 Okt 2022 05:30 WIB
Jakarta -

Liverpool masih belum stabil musim ini dan kesulitan menang. Juergen Klopp mengakui ada persoalan terkait cara bertahan timnya dan ingin kembali ke dasar.

Liverpool ditahan imbang Brighton & Hove Albion pada laga teranyar di Anfield, Sabtu (1/10/2022) kemarin, dalam lanjutan Liga Inggris. Mereka sempat membalikkan keadaan jadi 3-2 setelah ketinggalan dua gol lebih dulu, namun kemudian kecolongan lagi di penghujung laga.

Penampilan dan hasil melawan Brighton menunjukkan Liverpool masih belum lepas dari masalah. Musim ini mereka kesulitan mengendalikan laga dan mudah sekali ditembus lawan.

Baru dua kemenangan dipetik Liverpool di Premier League dari tujuh pertandingan, sementara empat kali berimbang dan sekali kalah. Di Liga Champions, mereka start dengan kekalahan telak 1-4 dari Napoli dan kemudian susah payah menang 2-1 atas Ajax.

Manajer Liverpool Juergen Klopp mengakui bahwa timnya sedang bermasalah dengan cara bermain, yang tetap terlihat seandainya pun mereka menang atas Brighton.

"Kalau kami menang atas Brighton, perasaannya akan berbeda tapi masalahnya masih sama. Kami praktis harus melakukan segalanya dengan lebih baik," ujarnya dikutip Sky Sports.

Klopp menyebut timnya terlalu longgar dan salah satu sebab utamanya adalah intensitas permainan yang kendur. Liverpool sebelumnya dikenal sebagai tim yang sangat berenergi dan intens, sehingga tak memberikan waktu untuk lawan berpikir di tengah pressing yang agresif.

Mengendurnya intensitas permainan ini menjadi pekerjaan rumah utama Liverpool dan Klopp melihat solusinya cuma satu, kembali melakukan hal-hal mendasar seperti dulu dan tak berpikir terlalu rumit.

"Kami kebobolan gol-gol yang sama, dengan tim-tim lolos lewat celah yang sama. Masalah yang kami punya adalah bertahan dengan berani. Kami butuh intensitas dan kalau kami tak melakukannya, itu jadi masalah," sambungnya.

"Kami harus lebih rapat. Bertahan itu sebuah seni, dan itu sudah bekerja sangat baik buat kami untuk waktu yang lama. Tapi dengan itu sekarang tak bekerja, kami harus kembali ke dasar," ujar Klopp.

(raw/mrp)

ADVERTISEMENT