Ronaldo: MU Kalah Modern dari Real Madrid dan Juventus

ADVERTISEMENT

Ronaldo: MU Kalah Modern dari Real Madrid dan Juventus

Adhi Prasetya - Sepakbola
Kamis, 17 Nov 2022 16:20 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - OCTOBER 30: Cristiano Ronaldo of Manchester United during the Premier League game between Manchester United and West Ham United at Old Trafford on October 30, 2022 in Manchester, United Kingdom. (Photo by Matthew Ashton - AMA/Getty Images)
Ronaldo menilai fasilitas di Madrid dan Juventus lebih baik dari MU. Foto: Getty Images/Matthew Ashton - AMA
Jakarta -

Cristiano Ronaldo mengkritik fasilitas latihan Manchester United yang dinilainya tidak banyak berubah sejak ia pindah pada 2009 silam. Setan Merah dianggap kalah canggih dari Real Madrid dan Juventus!

Kepada Piers Morgan, penyerang 37 tahun itu bicara blak-blakan mengenai dirinya yang tak bahagia di periode kedua bersama MU. Berbagai topik ia bahas, seperti merasa dikhianati, dipaksa pindah, hingga merasa tidak dihormati Erik ten Hag.

Selain itu, Ronaldo juga mengkritik fasilitas klub yang dinilainya tidak mengalami kemajuan sejak ia pergi meninggalkan MU pada 2009. Setan Merah dianggap gagal move on dari era Sir Alex Ferguson.

"Ketika saya bergabung kembali dengan Manchester United... saya pikir semuanya akan berbeda, baik itu teknologi, infrastruktur, semuanya. Tapi saya terkejut, dalam artian yang buruk, karena semuanya sama." ujar Ronaldo.

"Menurut saya, mereka tidak melangkah maju, dan itu membuat saya terkejut. Di MU tidak ada kemajuan, nol. Jika dibandingkan dengan Real Madrid dan bahkan Juventus, mereka mengikuti kemajuan zaman."

"Jadi teknologi mereka, dalam hal latihan, nutrisi, kondisi untuk makan dengan layak, dan juga untuk proses pemulihan, semuanya lebih baik dibanding sebelumnya. Itu mengejutkan saya."

"MU yang sekarang, dibanding dua klub itu, menurut saya tertinggal, dan itu mengejutkan saya. Klub sebesar ini harusnya ada di puncak kejayaan, namun sayangnya tidak. Mereka belum di level itu. Semoga beberapa tahun ke depan mereka bisa meraihnya."

"Saya tak tahu apa yang terjadi, tapi sejak Sir Alex Ferguson pergi, saya tak melihat adanya evolusi di dalam klub ini, tak ada kemajuan," semprot Ronaldo.

(adp/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT