Haaland Sudah 25 Gol, Lewati Top Skor Liga Inggris Empat Tahun Terakhir!

ADVERTISEMENT

Haaland Sudah 25 Gol, Lewati Top Skor Liga Inggris Empat Tahun Terakhir!

Adhi Prasetya - Sepakbola
Minggu, 22 Jan 2023 23:10 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - JANUARY 22: Erling Haaland of Manchester City celebrates after scoring the teams second goal from the penalty spot during the Premier League match between Manchester City and Wolverhampton Wanderers at Etihad Stadium on January 22, 2023 in Manchester, England. (Photo by Tom Flathers/Manchester City FC via Getty Images)
Haaland sudah mencetak 25 gol di Liga Inggris sejauh ini. Foto: Manchester City FC via Getty Ima/Tom Flathers
Manchester -

Erling Haaland mencetak hat-trick sewaktu Manchester City menghajar Wolverhampton Wanderers 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris musim ini. Jumlah gol striker Norwegia itu sekarang sudah melewati para top skor selama empat musim ke belakang!

Bermain di Etihad Stadium, Minggu (22/1/2023), Haaland membuka keunggulan Man City pada menit ke-40. Ia menuntaskan umpan silang Kevin De Bruyne dengan sundulan mematikan ke gawang Jose Sa.

Pada babak kedua, ia menambah dua gol lagi. Ia sukses mengeksekusi penalti pada menit ke-50, usai Ruben Neves melanggar Ilkay Guendogan di kotak terlarang.

Satu gol lainnya dicetak pada menit ke-54, usai Jose Sa salah mengumpan kepada Riyad Mahrez, yang berujung serangan balik. Pemain Aljzair itu kemudian mengumpan kepada Haaland dan dituntaskna menjadi gol.

Sewaktu laga berjalan satu jam, Haaland ditarik keluar dan digantikan Julian Alvarez. Tepuk tangan dari seisi Etihad mengiringi langkah putra Alfie Haaland itu ke bench. Tak ada gol lagi yang tercipta hingga laga usai.

Tiga gol itu membuat Haaland sudah mencetak 25 gol di Liga Inggris sejauh ini, dan ia melakukannya hanya dalam 19 laga. Selama empat musim ke belakang, ia sudah dipastikan akan menjadi top skor dengan jumlah gol tersebut.

Pada musim lalu, Mohamed Salah dan Son Heung-min 'hanya' mencetak 23 gol sewaktu menjadi top skor. Pada musim 2020-21, jumlah serupa dicapai Harry Kane yang meraih sepatu emas.

Mundur ke musim 2019-20, Jamie Vardy juga menjadi top skor di akhir musim dengan perolehan 23 gol. Sedangkan pada musim 2018-19, gelar top skor diberikan kepada Pierre-Emerick Aubameyang, Sadio Mane, dan Salah yang sukses menyarangkan 22 gol.

Dengan 19 penampilan, Haaland juga menjadi pemain tercepat yang mampu mencetak empat hat-trick di Premier League. Ia memecahkan rekor Ruud van Nistelrooy yang butuh 65 laga untuk melakukannya.



Dengan 18 laga tersisa di musim ini, Haaland masih berpeluang mencetak rekor jumlah gol terbanyak di Liga Inggris dalam semusim. Saat ini, catatan itu masih menjadi milik Andy Cole (1993-94) dan Alan Shearer (1994-95) yang mencetak 34 gol.

Erling Haaland belum terhentikan.

(adp/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT