'Lakukan Apa Saja Kecuali Membunuh'

- Sepakbola
Sabtu, 16 Agu 2008 01:39 WIB
London - Arsene Wenger "meralat" filosofi Emmanuel Adebayor tentang cara yang harus dilakukan sebuah tim untuk bisa. Menurut manajer Arsenal itu, apapun bisa dilakukan ... kecuali membunuh.

Adebayor seusai Arsenal mengalahkan Twente Enschede 2-0 di babak kualifikasi Liga Champions hari Rabu lalu mengatakan media Inggris bahwa "terkadang Anda harus berbuat kotor untuk menang".

Karena dilontarkan oleh seorang pemain Arsenal, tak heran kalau Wenger diminta penjelasan tentang pernyataan yang berbau kontroversi tersebut. Dan orang Prancis itu menguraikan pemikirannya.

"Apakah kami siap membunuh seseorang untuk memenangi sebuah pertandingan? Tidak. Ini karena Anda harus menghormati aturan-aturan dalam sepakbola," ujarnya seperti dikutip Reuters, Jumat (15/8/2008).

"Keindahan permainan ini adalah untuk menang dengan tetap menghormati aturan. Tapi kami memang akan melakukan apapun yang diperlukan untuk memenangi sebuah pertandingan," sambungnya.

Wenger dan timnya disoroti kekuatannya karena mengendur justru mendekati kompetisi musim lalu berakhir. William Gallas dkk pun harus puas menduduki peringkat tiga.

Mengenai hal itu Wenger, yang belum lagi mempersembahkan tropi juara buat The Gunners sejak 2005, mempunyai pembelaan. Terpaut empat poin dari sang juara Manchester United di klasemen akhir dianggapnya bukan hal memalukan.

"Kami tidak kalah dengan selisih poin yang besar dan kami merasa bisa lebih kuat dibanding tahun lalu," tukasnya. "Dua tahun lalu kami sempat tertinggal 20 poin dari pimpinan klasemen. Tahun lalu kami hanya terpaut empat angka, dan buat saya itu adalah sebuah kemajuan besar."

(a2s/key)