sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 04 Des 2016 04:51 WIB

Juventus Tekuk Atalanta 3-1

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Foto: REUTERS/Giorgio Perottino Foto: REUTERS/Giorgio Perottino
Turin - Juventus langsung bangkit usai dikalahkan Genoa pada akhir pekan lalu. Bianconeri berhasil mengakhiri tren positif Atalanta dan keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1.

Menjamu Atalanta di Juventus Stadium, Minggu (4/12/2016) dinihari WIB, Juventus tak diperkuat beberapa pemain yang cedera, seperti Leonardo Bonucci, Dani Alves, Andrea Barzagli, Paulo Dybala, dan Marko Pjaca. Pelatih Massimiliano Allegri memakai formasi 4-3-1-2 pada pertandingan ini dengan memasang Miralem Pjanic di posisi trequartista.

Juventus unggul 2-0 hingga turun minum. Alex Sandro membuka skor pada menit ke-15 sebelum Daniele Rugani menggandakan keunggulan Juve pada menit ke-19.

Mario Mandzukic membawa Juventus memimpin 3-0 lewat golnya pada menit ke-64. Atalanta cuma bisa membalas sekali melalui tembakan Remo Freuler pada menit ke-82.

Dengan hasil ini, Juventus memantapkan posisi mereka di puncak klasemen Serie A dengan koleksi 36 poin dari 15 laga. Mereka unggul tujuh poin atas AS Roma yang duduk di peringkat kedua.

Bagi Atalanta, ini adalah kekalahan pertama mereka dalam sepuluh pertandingan terakhir di Serie A. Orobici kini menempati posisi keenam dengan 28 poin.

Jalannya Pertandingan

Juventus memecahkan kebuntuan pada menit ke-15 lewat aksi individu Alex Sandro. Alex Sandro menggiring bola mendekati kotak penalti dan mencetak gol melalui tembakan keras kaki kirinya.

Hanya berselang empat menit, Juventus menggandakan keunggulannya. Rugani menanduk bola tendangan sudut yang dilepaskan Pjanic untuk membawa tim tuan rumah memimpin 2-0.

Pada menit ke-28, Pjanic punya kesempatan untuk mencatatkan namanya di papan skor. Namun, tendangan bebasnya digagalkan penjaga gawang Atalanta, Marco Sportiello.

Di sisa babak pertama, Atalanta tampil menekan dan memaksa Juventus lebih banyak bertahan. Saking hebatnya gempuran Atalanta, sampai-sampai Mandzukic sering turun ke lini pertahanan. Pada suatu momen, Mandzukic menjatuhkan diri demi menghalau tembakan keras Papu Gomez yang mengarah ke gawang.

Juventus berhasil mempertahankan keunggulan dua gol yang mereka miliki hingga berakhirnya babak pertama.

Claudio Marchisio berpeluang menambah keunggulan Juventus pada menit ke-63. Namun, tembakannya dari luar kotak penalti ditepis Sportiello.

Juventus benar-benar unggul 3-0 pada menit berikutnya. Tim tuan rumah lagi-lagi berhasil memanfaatkan sebuah situasi sepak pojok. Bola yang dikirim Pjanic disundul Mandzukic ke pojok bawah gawang Atalanta, sementara Sportiello hanya terpana melihat gawangnya bobol lagi.

Juan Cuadrado, yang masuk menggantikan Mandzukic, menjajal peruntungannya lewat tembakan dari luar kotak penalti pada menit ke-80. Tembakan Cuadrado mengarah ke gawang, tapi bisa dihentikan Sportiello.

Atalanta menipiskan ketertinggalan menjadi 1-3 pada menit ke-82. Tembakan Freuler meneruskan umpan silang Marco D'Alessandro dari sisi kanan memaksa Buffon memungut bola dari dalam gawangnya.

Gol tersebut memicu semangat Atalanta untuk terus menggempur Juve. Tapi, hingga laga berakhir, mereka tak bisa mencetak gol tambahan.

Susunan Pemain
Juventus: Buffon; Lichtsteiner, Rugani, Chiellini, Alex Sandro; Khedira (Lemina 61'), Marchisio, Sturaro; Pjanic (Evra 78'); Higuain, Mandzukic (Cuadrado 76')

Atalanta: Sportiello; Toloi, Caldara, Masiello; Conti (Grassi 55'), Kessie, Freuler, Spinazzola; Kurtic (D'Alessandro 75'); Petagna (Pesic 56'), Gomez



(mfi/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com