DetikSepakbola
Kamis 12 Jan 2017, 04:54 WIB

Coppa Italia

Juventus ke Perempatfinal Usai Menang Tipis atas Atalanta

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Juventus ke Perempatfinal Usai Menang Tipis atas Atalanta Foto: Getty Images/Valerio Pennicino
Turin - Juventus merebut tiket perempatfinal Coppa Italia setelah mengalahkan Atalanta di babak 16 besar. Juve harus melewati duel sengit sebelum akhirnya menang 3-2.

Dalam pertandingan di Juventus Stadium, Kamis (12/1/2017) dinihari WIB, tuan rumah menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0. Kedua gol Juve dicetak oleh Paulo Dybala dan Mario Mandzukic.

Laga babak kedua berjalan lebih sengit. Saling berbalas gol, Juve akhirnya mampu meredam perlawanan Atalanta dan mengamankan kemenangan.

Tomas Rincon yang baru didatangkan Juve dari Genoa mendapat kesempatan untuk debut sejak menit pertama. Pemain asal Venezuela itu nyaris menandai debutnya itu dengan gol di menit ketujuh andai mampu menyambut umpan silang Stephan Lichtsteiner.

Di menit ke-15, peluang Juve digagalkan tiang gawang. Bola umpan dari Lichtsteiner dibelokkan Mandzukic yang ada di depan gawang namun upayanya itu masih membentur tiang.

Juve akhirnya membuka keunggulan di menit ke-22. Sebuah umpan silang ke kotak penalti ditanduk Mandzukic dan bola mengarah ke Dybala. Dia lantas meneruskannya dengan tendangan voli first time yang mengarah ke pojok bawah gawang Atalanta.

Mandzukic kemudian membawa Juve menggandakan keunggulannya di menit ke-34. Kali ini giliran Dybala yang menjadi kreator dengan umpan terobosan yang akurat kepada Mandzukic yang ada di sisi kiri. Dengan tenang Mandzukic melepaskan tembakan ke tiang jauh untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Tiga menit jelang turun minum, Mandzukic menyia-nyiakan sebuah peluang bagus. Menerima umpan dari Miralem Pjanic, Mandzukic melepaskan tendangan voli yang melebar dari gawang.

Di babak kedua, Marko Pjaca kembali tampil setelah absen tiga bulan karena cedera. Pjaca hampir menandai comeback-nya itu dengan gol, tapi tendangannya dihalau oleh Etrit Berisha.

Atalanta mampu menipiskan skor di menit ke-72. Abdoulay Konko melepaskan tendangan voli dengan kaki kanan dari dalam kotak penalti yang mengarah ke tiang jauh.

Hanya berjarak tiga menit, Juve mengembalikan keunggulan dua golnya lewat eksekusi penalti Pjanic. Wasit menunjuk titik putih setelah Lichtsteiner dilanggar oleh Marco D'Alessandro.

Konko nyaris mencetak gol keduanya di menit ke-79 setelah memanfaatkan bola sapuan Neto yang buruk. Tapi dari jarak dekat, Konko justru mengarahkan tendangannya jauh dari gawang.

Atalanta kembali membobol gawang Juve di menit ke-81. Emmanuel Latte Lath mampu menerobos penjagaan Lichtsteiner untuk menuntaskan umpan tarik Andrea Conti.

Atalanta terus menekan dan Neto melakukan penyelamatan bagus untuk menggagalkan sepakan Andrea Petagna. Pada akhirnya Juve mampu mengamankan kemenangan sekaligus lolos ke perempatfinal.

Di babak perempatfinal, Juve akan menghadapi pemenang dari pertandingan antara AC Milan dan Torino.

Susunan Pemain

Juventus: Neto; Lichtsteiner, Rugani, Barzagli, Asamoah; Rincon, Hernanes, Marchisio (Sturaro 46); Pjanic (Bonucci 81); Dybala (Pjaca 62), Mandzukic

Atalanta: Berisha; Toloi, Caldara, Masiello; Conti, Freuler, Grassi (Latte 60), Spinazzola, Kurtic (Konko 46); Petagna, D'Alessandro (Gomez 82)


(nds/mrp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed