DetikSepakbola
Kamis 18 Mei 2017, 04:09 WIB

Kalahkan Lazio 2-0, Juventus Juara Coppa Italia

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Kalahkan Lazio 2-0, Juventus Juara Coppa Italia Foto: Paulo Dybala ikut merayakan gol Dani Alves (REUTERS/Stefano Rellandini)
Roma - Juventus merebut trofi pertamanya pada musim ini. Bianconeri tampil sebagai juara Coppa Italia setelah mengalahkan Lazio dengan skor 2-0 di final.





Menghadapi Lazio di Stadion Olimpico, Kamis (18/5/2017) dinihari WIB, Juventus tak diperkuat Miralem Pjanic yang terkena larangan bertanding, sementara Sami Khedira cedera. Dua posisi gelandang tengah pun dipercayakan kepada Claudio Marchisio dan Tomas Rincon.

Lazio memberikan perlawanan sengit, tapi Juventus menciptakan lebih banyak peluang, terutama di babak pertama. Dari sekian banyak peluang yang tercipta di babak pertama, dua di antaranya berbuah gol untuk Juve. Dani Alves membuka skor pada menit ke-12 sebelum Leonardo Bonucci mencetak gol kedua pada menit ke-25.

Pada paruh kedua, Juventus menurun. Lazio pun memanfaatkannya untuk lebih banyak menekan. Akan tetapi, hingga laga berakhir, Biancocelesti tak bisa menjebol gawang Juve.

Bagi Juventus, ini adalah gelar ke-12 mereka di ajang Coppa Italia dan yang ketiga secara berturut-turut. Mereka menjadi pemilik gelar terbanyak di kompetisi ini, mengungguli AS Roma yang punya sembilan trofi dan Inter Milan yang punya tujuh trofi.

Keberhasilan menjuarai Coppa Italia juga menjaga peluang Juventus untuk meraih treble pada musim ini. Mereka selanjutnya akan berusaha mengunci scudetto dan meraih titel Liga Champions.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama menjadi milik Juventus. Giorgio Chiellini melepaskan tembakan jarak jauh pada menit keempat, tapi usahanya bisa diantisipasi oleh kiper Lazio, Thomas Strakosha.

Dua menit kemudian, serangan balik Lazio nyaris berbuah gol. Beruntung buat Juventus, tembakan Keita Balde Diao cuma menghantam tiang gawang.

Pada menit berikutnya, giliran Gonzalo Higuain yang memperoleh kesempatan untuk membawa Juventus unggul. Namun, sepakan voli Higuain dari luar kotak penalti dimentahkan oleh Strakosha.

Juventus benar-benar unggul 1-0 saat pertandingan memasuki menit ke-12. Kelengahan barisan pertahanan Lazio dalam mengawal Alves berakibat fatal. Alves dengan leluasa menyambar umpan silang dari Alex Sandro. Dia memantulkan bola ke tanah lebih dulu, yang membuat Strakosha tak sanggup menyelamatkan gawangnya.

Berselang dua menit, Paulo Dybala punya kans untuk menggandakan keunggulan Juventus. Tembakan kerasnya dari luar kotak penalti mengarah ke gawang Lazio, tapi Strakosha terbang untuk menepis bola.

Gempuran bertubi-tubi yang dilancarkan Juventus membuat Strakosha benar-benar harus bekerja keras. Dia membuat penyelamatan ganda ketika mementahkan tembakan Dybala, lalu menggagalkan sontekan jarak dekat Higuain.

Namun, Strakosha harus kembali memungut bola dari dalam gawangnya pada menit ke-25. Dia tak bisa berbuat banyak untuk mencegah Bonucci menjebol gawangnya. Gol Bonucci itu diawali sepak pojok yang diambil oleh Dybala. Alex Sandro sedikit membelokkan arah bola dengan sundulannya, yang memungkinkan Bonucci dengan leluasa mencetak gol dari jarak dekat.

Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, marah-marah di pinggir lapangan setelah melihat Lazio nyaris mencetak gol pada menit ke-32. Allegri tak senang melihat barisan belakang timnya membiarkan Ciro Immobile bebas menyundul sebuah umpan silang. Juve beruntung karena sundulan Immobile masih sedikit melenceng.

Di injury time babak pertama, Lazio berpeluang menipiskan ketertinggalannya. Sundulan Sergej Milinkovic-Savic meneruskan sebuah tendangan sudut mengarah ke gawang Juve, tapi Neto berada di posisi yang tepat untuk menangkap bola.

Babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Juventus.

Awal babak kedua berjalan dalam tempo lambat. Lazio memiliki peluang lewat tembakan diagonal Felipe Anderson, tapi Neto masih bisa menepisnya.

Menurunnya intensitas serangan Juventus dimanfaatkan Lazio untuk lebih mendominasi permainan. Akan tetapi, mereka jarang membahayakan gawang Juve. Tembakan first time Luis Alberto pada menit ke-73 mengarah ke gawang Juve, tapi Neto bisa mengamankannya dengan relatif mudah.

Lazio yang terus menekan Juve mendapatkan peluang lagi pada menit ke-77 melalui Immobile. Namun, tembakan keras Immobile mentah di tangan Neto.

Higuain punya peluang untuk memantapkan kemenangan Juve di menit-menit akhir. Dia tinggal berhadapan dengan Strakosha, tapi penyelesaiannya digagalkan kiper Lazio itu.

Susunan Pemain
Juventus: Neto; Barzagli, Bonucci, Chiellini, Alex Sandro; Marchisio, Rincon; Dani Alves, Dybala (Lemina 78'), Mandzukic; Higuain

Lazio: Strakosha; Bastos (Felipe Anderson 53'), De Vrij (Luis Alberto 69'), Wallace; Basta, Biglia, Parolo (Radu 21'), Milinkovic-Savic, Lulic; Immobile, Keita
(mfi/luc)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Courtois: Gol Pertama Arsenal Tidak Sah

    Sepakbola | Minggu 28 Mei 2017, 02:57 WIB Kiper Chelsea Thibaut Courtois menyebut gol pertama Arsenal tidak seharusnya disahkan. Meski begitu, the Gunners dinilainya memang layak juara.
  • Napoli Pagari Mertens dengan Kontrak Baru

    Sepakbola | Minggu 28 Mei 2017, 02:33 WIB Napoli memperpanjang kontrak salah satu pemain terbaiknya, Dries Mertens. Partenopei dan Mertens telah menyepakati kontrak baru yang berlaku hingga 2020.
  • Rekor Arsenal, Rekor Wenger

    Sepakbola | Minggu 28 Mei 2017, 02:19 WIB Keberhasilan Arsenal menjuarai Piala FA menciptakan sebuah rekor yang membanggakan. Rekor yang turut dimiliki sang manajer Arsene Wenger.
  • Arsenal Rebut Piala FA Usai Kalahkan Chelsea 2-1

    Sepakbola | Minggu 28 Mei 2017, 01:28 WIB Arsenal menyudahi musim 2016-17 dengan menjuarai Piala FA. Di final, The Gunners berhasil mengalahkan juara Premier League Chelsea dengan skor tipis 2-1.
  • Juventus Menang Dramatis di Laga Terakhir Serie A

    Sepakbola | Minggu 28 Mei 2017, 01:01 WIB Juventus memetik kemenangan dramatis pada laga terakhirnya di Serie A. Tertinggal lebih dulu, Juve akhirnya mengalahkan Bologna 2-1 lewat gol di injury time.
  • Watford Tunjuk Marco Silva sebagai Manajer Baru

    Sepakbola | Minggu 28 Mei 2017, 00:15 WIB Watford sudah memiliki manajer baru untuk menghadapi musim depan. The Hornets menunjuk mantan manajer Hull City, Marco Silva, sebagai nakhoda anyar.
  • Kalahkan Persela, PS TNI Naik ke Posisi Kedua

    Sepakbola | Sabtu 27 Mei 2017, 23:34 WIB PS TNI sukses meraih poin penuh di kandang usai mengalahkan Persela Lamongan 3-2. Kemenangan itu mengantar PS TNI bercokol di posisi dua menempel PSM Makassar.
  • Ancaman Milan pada Donnarumma Dibantah

    Sepakbola | Sabtu 27 Mei 2017, 23:01 WIB Belakangan ini muncul rumor bahwa AC Milan mengancam Gianluigi Donnarumma. Agen si pemain, Mino Raiola menegaskan kliennya bukan tak mau teken kontrak baru.
  • Hazard: Mana Kontrak Baruku, Chelsea?

    Sepakbola | Sabtu 27 Mei 2017, 19:06 WIB Eden Hazard sebenarnya tak masalah untuk bertahan di Chelsea musim depan. Tapi Hazard juga butuh kontrak baru sebagai tanda keseriusan The Blues.
  • Demi Mourinho, Fellaini Rela Patah Kaki

    Sepakbola | Sabtu 27 Mei 2017, 17:05 WIB Marouane Fellaini menegaskan betapa dirinya siap melakukan segalanya demi Jose Mourinho, manajernya di Manchester United, termasuk jika harus sampai patah kaki.
  • Conte Minta Totti Jangan Pensiun Dulu

    Sepakbola | Sabtu 27 Mei 2017, 16:29 WIB Antonio Conte meminta Francesco Totti jangan pensiun dulu setelah meninggalkan AS Roma. Sebab Totti dianggap masih bisa berkontribusi di lapangan hijau.
  • Pratinjau Final Piala FA

    Alasan Kenapa Chelsea Lebih Diunggulkan dari Arsenal

    Sepakbola | Sabtu 27 Mei 2017, 16:21 WIB Duel Arsenal vs Chelsea hadir di final Piala FA malam nanti. Berikut analisis mengenai kenapa Chelsea lebih diunggulkan atas Arsenal untuk laga tersebut.
  • Mengenang Gelak Tawa dan Kejayaan Paul Gascoigne

    Sepakbola | Sabtu 27 Mei 2017, 14:31 WIB Di masa jayanya Paul Gascoigne adalah pesepakbola top nan jenaka -- sampai dijuluki "Si Badut". Pada tanggal 27 Mei ini, Si Badut tepat berusia setengah abad.
  • Jelang Final Copa del Rey

    Demi Melepas Luis Enrique dengan Cara Seindah Mungkin

    Sepakbola | Sabtu 27 Mei 2017, 11:16 WIB Luis Enrique akan meninggalkan Barcelona saat musim habis. Blaugrana pun kian bertekad menjuarai Copa del Rey demi bisa melepasnya dengan cara seindah mungkin.
  • Jelang Final Piala FA

    Courtois Ingin Sudahi Musim Ini dengan Cara Spesial

    Sepakbola | Sabtu 27 Mei 2017, 10:26 WIB Kiper Chelsea Thibaut Courtois antusias benar menghadapi final Piala FA lawan Arsenal. Ia ingin menyudahi musim ini dengan spesial lewat pencapaian khusus.
  • Conte Ingin Bertahan Lama di Chelsea

    Sepakbola | Sabtu 27 Mei 2017, 09:38 WIB Manajer Chelsea Antonio Conte menegaskan dirinya ingin bertahan dalam waktu lama di Stamford Bridge, di tengah-tengah rumor ketertarikan dari klub lain.
  • Wenger Tak Pernah Simpan Medali Juara

    Sepakbola | Sabtu 27 Mei 2017, 09:18 WIB Arsene Wenger berpeluang jadi manajer tersukses di Piala FA jika Arsenal menjadi juara musim ini. Tapi, jika mendapatkan medali, Wenger tak akan menyimpannya.
  • Pujian Tinggi Zidane untuk Buffon

    Sepakbola | Sabtu 27 Mei 2017, 08:50 WIB Kiper Juventus, Gianluigi Buffon, sudah menunjukkan kapasitasnya selama berkarier sebagai pesepakbola. Dia mendapat pujian tinggi dari Zinedine Zidane.
  • Infografis

    MU Klub Inggris Tersukses

    Sepakbola | Sabtu 27 Mei 2017, 08:27 WIB Manchester United kini menjadi klub Inggris dengan jumlah gelar terbanyak. The Red Devils pun pantas menyebut diri mereka sebagai yang tersukses.
  • Griezmann Bantah Sudah Sepakat Gabung MU

    Sepakbola | Sabtu 27 Mei 2017, 06:34 WIB Antoine Griezmann menepis rumor-rumor yang menyebut dirinya sudah pasti meninggalkan Atletico Madrid. Griezmann belum membuat keputusan soal masa depannya.
  • Hadapi Juventus, Madrid Takkan Ubah Gaya Main

    Sepakbola | Sabtu 27 Mei 2017, 06:25 WIB Real Madrid akan berhadapan dengan Juventus di pertandingan final Liga Champions. El Real menegaskan tak akan mengubah gaya bermain melawan Bianconeri.
  • City Datangkan Bernardo Silva

    Sepakbola | Sabtu 27 Mei 2017, 03:34 WIB Manchester City mendapatkan pemain baru pertamanya di musim panas ini. The Citizens mendatangkan gelandang kreatif asal Portugal, Bernardo Silva, dari Monaco.
  • Alexis Sanchez Pemain Terbaik Arsenal Musim Ini

    Sepakbola | Sabtu 27 Mei 2017, 02:51 WIB Alexis Sanchez terpilih sebagai Pemain Terbaik Arsenal musim 2016/2017. Sementara itu, bintang The Gunners lainnya, Mesut Oezil, tak masuk tiga besar.