Dua Gol Maicon Berikan Kemenangan bagi Inter

- Sepakbola
Minggu, 21 Des 2008 05:05 WIB
Siena - Siena memberikan perlawanan sangat alot untuk tamunya, Inter Milan. Namun berkat dua gol yang dicetak oleh Douglas Maicon, Nerazzurri akhirnya pulang dengan kemenangan 2-1.

Dalam pertandingan yang dihelat Minggu (21/12/2008) dinihari WIB itu, Inter unggul lebih dulu melalui Maicon di menit ke-34. Di akhir babak pertama, Siena berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Houssine Kharja.

Inter sepertinya akan kehilangan rekor tujuh kali kemenangan berturut-turut mereka. Sampai tujuh menit menjelang laga usai, Maicon kembali menjadi pahlawan dengan mencetak gol kemenangan tim tamu.

Dengan hasil ini Inter semakin kokoh berada di puncak klasemen Seri A dengan 42 poin. Sementara kekalahan membuat Siena terpaku di urutan ke-15 Klasemen Serie A pekan ke-17 dengan nilai sembilan belas.

Jalannya Pertandingan
Siena langsung menggebrak Inter, Kharja melakukan kick-off dengan kangsung melepaskan tembakan ke gawang Inter. Bola berhasil dihalau Julio Cesar.
 
Lima belas menit kemudian, Siena kembali memiliki peluang melalui Mario Frick. Upaya pemain depan Siena ini sempat membuat Cesar kerepotan, beruntung bagi Inter bola sepakannya masih melebar.

Terus ditekan Inter berhasil balik menyerang. Hasilnya Maicon berhasil membawa tim tamu unggul setelah sepakannya di menit ke-34 tak mampu dihalau oleh Gianluca Curci. 1-0 untuk Nerrazuri.

Satu menit jelang turun minum, Kharja berhasil membuat publik Artemio Franchi bergembira setelah ia menceploskan bola ke gawang Cesar memanfaatkan umpan menyilang Cristiano Del Grosso dari sisi kiri. Kedudukan pun imbang 1-1.

Di awal babak kedua, Jose Mourinho memasukkan Luis Figo dan Hernan Crespo untuk Luis Jimenez dan Mario Balotelli yang tidak terlalu efektif di babak pertama. Serangan-serangan yang dibuat Inter pun semakin tajam.

Di menit ke-57, tendangan kaki kiri Muntari hampir saja menembus gawang Siena, sejurus kemudian giliran Zlatan Ibrahimovic yang mendapat peluang. Striker Swedia ini melepaskan tembakan keras dari jarak 30 meter. Sayang bagi Inter, bola masih bisa diselamatkan oleh Curci.

Sepuluh menit kemudian, giliran Siena yang menyerang. Camilo Zuniga berhasil melakukan penetrasi menembus pertahanan Inter. Bek asal Kolombia ini lantas mengeluarkan tendangan, namun bola terbang jah di atas mistar Cesar. Skor tetap imbang 1-1.

Di menit ke-77, Siena hampir saja unggul saat crossing Simone Vergassola berhasil diteruskan Massimo Maccarone dengan sebuah tendangan first-time, sayang bagi tuan rumah, bola untuk kesekian kalinya terbang di atas mistar gawang.

Tujuh menit jelang laga berakhir, Kerjasama manis Javier Zanetti dengan Maicon diteruskan oleh berk Brasil ini dengan sebuah tembakan. Bola tak bisa dihalau oleh Curci, Inter pun unggul 2-1.

Dua menit kemudian Siena hampir menyamakan kedudukan. Sebuah umpan dari Daniele Galloppa tidak dapat dihalau dengan baik oleh Cesar. Bola kemudian jatuh ke kaki Abdelkader Ghezzal, tanpa ampun ia langsung melepaskan tembakan, beruntung bagi Nerrazurri, bola masih bisa di blok oleh Maxwell.

Di sisa pertandingan, kedua tim gagal mencetak gol. Inter pun berhasil meraih rekor delapan kemenangan beruntunnya di Serie A.

Lazio Menang Tipis
Di pertandingan sebelumnya, Lazio berhasil menang tipis atas Palermo melalui gol tungal Tomasso Rochi di menit ke-66. Tim juga tamu harus bermain dengan 10 pemain setelah Federico Balzaretti menerima karu merahnya di menit 75.

Dengan hasil ini Lazio untuk sementara naik satu peringkat ke posisi keenam dengan nilai 27. Sementara Palermo tertahaa di papan tengah Serie A dengan menghuni posisi 10 dengan 23 poin.

Susunan Pemain:
Siena: Curci; Del Grossi, Portanova, Brandao, Zuniga (Maccarone 75); Codrea, Galloppa, Kharja, Vergassola; Ghezzak, Frick (Calaio)

Inter: Julio Cesar; Maicon, Cordoba, Samuel, Maxwell; Cambiasso, Zanetti, Jimenez (Jimenez 55), Muntari (Quaresma 72); Balotelli (Crespo 54), Ibrahimovic

(arp/arp)