sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 23 Mar 2009 04:44 WIB

Milan Diimbangi Napoli Tanpa Gol

- detikSport
Napoli - AC Milan hanya bisa membawa pulang satu angka dari lawatannya ke Napoli. Lebih banyak menguasai ball possession namun kerap dapar serangan berbahaya, Rossoneri dipaksa puas dengan hasil 0-0.

Setelah pekan lalu dengan perkasa menundukkan Siena 5-1, Milan tampil tanpa greget saat bertandang ke Stadio San Paolo, kandang Napoli, Senin (23/3/2009) dinihari WIB. Meski dalam penguasaan bola unggul 65% : 35%, Paolo Maldini cs tak mampu benar-benar mengancam gawang tuan rumah, justru Dida yang beberapa kali dibuat kocar-kacir menghalau gempuran anak asuh Roberto Donadoni.

Mendapat tambahan satu angka, posisi Diavolo Rosso di urutan tiga klasemen tidak berubah dengan total poin didapat berjumlah 55. Namun anak asuh Carlo Ancelotti harus mewaspadai Genoa dan Fiorentina yang pada laga lain justru meraih kemenangan dan kini mengoleksi poin 49 dan 51. Jika lengah Milan harus siap kembali kehilangan tiket Liga Champions musim depan.

Jalannya pertandingan

Menjalani laga tandang, Milan berusaha tampil agresif di menit-menit awal laga. Namun justru gawang Dida yang diancam Marek Hamsik saat bolan lob yang diarahkan gelandang Slovakia itu masih melebar dari sasaran.

Empat menit berselang gantian Daniele Mannini yang mengancam setelah tendangannya usai menerima umpann yang dilepaskan Ezequiel Lavezzi tepat mengarah ke pelukan Dida. Dari tendangan bebas yang berjarak 32 meter Rossoneri punya peluang memanfaatkannya menjadi gol, namun tendangan Andrea Pirlo terlalu lemah hingga gawang tuan rumah yang dikawal Nicolas Navarro kembali bebas ancaman.

Setelah dua peluang tambahan Napoli melalui Mannini dan Lavezzi gagal mengubah skor, Milan kembali menebar ancaman melalui Clarence Seedorf. Menusuk ke dalam kotak penalti, sepakan gelandang berpaspor Belanda itu tepat mengarah ke Navarro yang membutnya mampu menjinakkan bola tanpa banyak kesulitan.

Di menit 37 gawang Dida akhirnya jebol setelah bola hasil tendangan sudut yang dibelokkan Zalayeta diteruskan ke dalam gawang oleh Hamsik di garis gawang. Namun kegembiraan kubu tuan rumah tak bertahan lama lantaran hakim garis mengangkat bendera sebagai tanda terjadinya offside. Keputusan tersebut terhitung kontroversial lantaran Hamsik berada sejajar saat Zalayeta mengarahkan bola dengan kepalanya.

Di babak kedua Napoli yang tak pernah menang dalam 10 pertandingan terakhir masih lebih banyak membuat serangan berbahaya dibanding Milan. Salah satu yang seharusnya bisa dilanjutkan menjadi gol adalah melalui Zalayeta saat sontekannya usai melewati satu pemain Milan lagi-lagi melebar dari sasaran.

Di menit 67 Zalayeta kembali punya peluang matang saat penetrasinya dari sisi kiri gagal dihalau barisan belakang Milan. Tembakan striker Uruguay itu dari jarak dekat tak mampu diselamatkan Dida dengan baik karena bola tak lengket dia tangkap, namun upaya rebound Zalayeta dari kejadian tersebut juga tak membuahkan hasil karena Dida lagi-lagi kembali menghadang dan bola liar di muka gawang langsung dibuang oleh barisan nelakang Milan.

Jelang berakhirnya laga David Beckham nyaris mengantar Milan meraih kemenangan. Malang buat Becks dan juga seluruh skuad Rossoneri karena bola tendangan bebas yang dilepaskan gelandang internasional Inggris itu masihy bisa diselamatkan Navarro meski dengan susah payah.

Tak ada gol tercipta hingga 45 menit kedua pertandingan berakhir. Skor 0-0 pun harus puas diterima kedua klub.

Susunan pemain

Napoli: Navarro; Santacroce, Cannavaro, Contini; Grava, Pazienza, Blasi, Hamsik, Mannini; Lavezzi, Zalayeta (Bogliacino 91)

Milan: Dida; Zambrotta, Maldini, Favalli (Senderos 71), Jankulovski; Beckham, Pirlo, Flamini; Seedorf (Kaka 57), Inzaghi (Ronaldinho 63), Pato
(din/roz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com