Bungkam Bologna, Napoli Samai Poin Milan

- Sepakbola
Minggu, 10 Apr 2011 22:05 WIB
Bologna - Napoli kembali mengklaim posisi dua klasemen Liga Italia dan bahkan menyamai poin milik AC Milan. Hasil tersebut didapat setelah Marek Hamsik dkk memetik kemenangan 2-0 dalam lawatan ke Bologna.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Stadio Renato Dall'Ara, Minggu (10/4/2011) malam WIB, dua gol kemenangan tim tamu daang di babak pertama. Giuseppe Mascara mengawalinya dengan gol yang dia buat di menit 30, sebelum digandakan Hamsik di menit 45.

Tambahan tiga poin dari kemenangan ini membuat Napoli kembali merengkuh posisi dua klasemen, yang dinihari tadi diambil Inter Milan usai menundukkan Chievo 2-0.

Poin 65 yang dimiliki skuad besutan Walter Mazzarri bahkan sama dengan Milan yang baru akan berlaga dinihari nanti di kandang Fiorentina. Hanya perbedaan selisih gol yang membuat Napoli masih harus puas dengan posisi dua klasemen.

Meski kalah 0-2, posisi Bologna di urutan 11 klasemen tidak berubah. Rossoblu saat ini punya koleksi poin 40.

Jalannya Pertandingan

Meski bermain tanpa mesin golnya Edinson Cavani, yang terkena hukuman larangan bertanding, Napoli tetap tampil agresif dalam lawatan ke Bologna. Di menit-menit awal tim tamu sudah melepaskan beberapa tembakan dari dalam kotak penalti, meski tak satupun berujung gol.

Di menit 30 upaya Napoli menjebol gawang Bologna akhirnya membuahkan hasil. Gol tersebut bermula dari umpan backheel Ezequiel Lavezzi yang memperdaya kiper Emiliano Viviano, bola kemudian dengan mudah dimasukkan ke dalam gawang oleh Giuseppe Mascara .

Sebelum turun minum Napoli mengokohkan keunggulannya melalui eksekusi penalti Hamsik. Wasit menghukum tuan rumah dengan menunjuk titik putih menyusul pelanggaran yang dilakukan Viviano terhadap Lavezzi, yang membuat sang kiper juga diberi kartu kuning.

Di awal babak kedua pelatih Alebrto Malesani memasukkan Riccardo Meggiorini untuk menambah daya gempur lini depannya. Menanggapi hal tersebut Mazzarri memasukkan Juan Camilo Zúniga untuk memperkokoh pertahanan di pertengahan babak kedua.

Bologna sempat menciptakan peluang memperkecil ketinggalan saat sepakan Marco Di Vaio berhasil diblok Morgan De Sanctis. Striker gaek tersebut punya peluang emas lain di menit 55 saat dia berhasil melewati De Sanctis, namun sepakan ke arah gawang yang kosong hanya membentur sisi samping jala.

Napoli sendiri masih punya kesempatan lain saat umpan Michele Pazienza berhasil disambar Hamsik di taing dekat. Namun Vibiano mampu bereaksi cepat mengamankan gawangnya dari kemasukan untuk kali ketiga.

Skor 2-0 untuk keunggulan Napoli tak berubah hingga wasit akhirnya meniupkan peluit panjang tanda laga usai.

Susunan Pemain

Bologna: Viviano; Moras, Portanova, Cherubin; Buscè, Perez, Mudingayi, Morleo; Ekdal (Meggiorini 46); Paponi (Della Rocca 78), Di Vaio

Napoli: De Sanctis; Campagnaro, Cannavaro, Ruiz; Maggio, Pazienza, Yebda, Dossena; Mascara (Zuniga 60), Hamsik (Gargano 77); Lavezzi (C Lucarelli 86)


(din/mfi)