Kiper Mudanya 'Dibajak' MU, Fiorentina Protes

- Sepakbola
Jumat, 01 Jul 2011 13:54 WIB
Florence - Selain sukses membeli David De Gea, Manchester United juga berhasil mendapatkan kiper muda asal Italia Pierluigi Gollini. Perekrutan Gollini membuat berang Fiorentina, klub di mana dia berasal.

Protes Fiorentina terhadap aksi MU tersebut dilontarkan Direktur Olahraga La Viola, Pantaleo Corvino. Keberatan Fiorentina sangat berasalan karena Gollini dianggap sebagai kiper penuh potensi dengan statusnya kini sebagai kiper Italia U-17.

Pihak Fiorentina mengaku terkejut saat Gollini tiba-tiba mengeluarkan pernyataan bahwa dirinya telah menerima penawaran untuk bergabung dengan akademi sepakbola The Red Devils. Dan ternyata bukan Gollini saja yang dibidik 'Setan Merah' karena rekan-rekannya di skuad junior juga telah berusaha diboyong, meski kemudian memilih bertahan.

Kecewan dengan cara MU merekrut pemain mudanya, Fiorentina menyebut kepindahan ke klub juara Liga Inggris tersebut demi mendapat kesempatan bermain tak lebih hanya sebuah 'ilusi palsu'. Dia menyebut telah ratusan pemain muda pergi meninggalkan Italia dan tak satupun jadi pemain utama di banyak klub Inggris.

"Dia ( Pantaleo Corvino) berterimakasih pada pemain seperti (Niccolo) Fazzi, (Saverio) Madrigali, (Leonardo) Capezzi, (Federico) Bernardeschi and (Luca) Lezzerini, yang memutuskan bertahan bersama Viola dan tidak terbujuk ilusi palsu dari gempita di Inggris belakangan ini," demikian termuat di situs resmi Fiorentina.

"Dari 150 pemain yang memutuskan pergi ke luar negeri, tak satupun mampu mendapat tempat di tim utama," lanjut pernyataan tersebut.

Gollini bukan pemain muda Fiorentina pertama yang pindah ke The Red Devils. Tahun 2009 lalu Michele Fornasier, bersama Alberto Massacci (Empoli) dan Davide Petrucci (AS Roma), meninggalkan akademi klubnya dan bergabung dengan akademi MU.

Tercatat baru Federico Macheda yang bersasil menembus skuad utama tim besutan Sir Alex Ferguson. Namun sejauh ini Macheda juga belum jadi langganan tim utama dan memilih untuk dipinjamkan ke Sampdoria di musim 2010/11.


Foto: Fiorentina kehilangan pemain mudanya yang diboyong Manchester United (Getty Images).

(din/a2s)