sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 15 Jun 2013 19:13 WIB

Ronaldo: Balotelli Jangan Sampai Seperti Adriano

- detikSport
Getty Images/Isifa Getty Images/Isifa
Rio De Janiero - Eks striker top Brasil, Luis Ronaldo Nazario Da Lima, tahu Mario Balotelli punya bakat besar sebagai calon bintang sepakbola masa depan. Namun Balotelli diminta menjaga diri agar tak cepat hilang "ditelan bumi".

Tak ada yang memungkiri bahwa Balotelli di usianya yang baru menginjak 23 tahun sudah jadi pesepakbola top dan diandalkan di klubnya AC Milan maupun timnas Italia. Sejak debut di tim senior Inter Milan, Balotelli sudah memperlihatkan bakatnya itu.

Tapi Balotelli juga manusia biasa yang punya kekurangan dan sayangnya kekurangan itu kerap ia tunjukkan berbarengan dengan bakat besarnya. Tak terhitung berapa banyak kasus kontroversinya di dalam mau pun luar lapangan selama ia menempuh karier profesionalnya.

Kepergiannya dari Manchester City disebut-sebut karena ulah bengalnya yang berbuntut perselisihan dengan Roberto Mancini. Kini Balotelli coba meniti lagi kariernya di Italia bersama Milan.

Ronaldo yang juga merupakan eks striker Inter dan Milan coba memberi saran pada Balotelli yang mengingatkannya pada kompatriotnya, Adriano, yang dulu pernah bersinar di usia muda namun kariernya akhirnya meredup karena kehidupannya di luar lapangan.

"Balotelli adalah pemain bertalenta, sebagaimana dia tahu caranya menguasai bola dan mencetak gol. Di Brasil, ini sudah cukup bagi kami mengakuinya sebagai pemain bagus," ujar Ronaldo seperti dikutip Football Italia.

"Bagaimanapun itu tidak cukup untuk Balotelli bisajadi pemain besar. Dia tidak boleh beralasan untuk berbuat hal bodoh hanya karena usia atau talentanya," sambungnya.

"Jika seorang striker tahu bagaimana caranya bermain, lawan akan coba memprovokasi mereka dan memanas-manasi mereka. Saya sangat tahu ini, tapi jika saya selalu reaktif jika orang menendang saya... Itu adalah hal terbodoh yan kita lakukan dalam hidup, tapi kita harus sadar kapan harusnya berhenti. Berhitunglah dulu sampai lima sebelum ada meresponnya."

"Saya teringat Adriano, meskipun kasusnya dia sangat berbeda dengan Balotelli. Adriano punya kualitas teknik dan fisik yang luar biasa, jadi dia bisa melakukan apa pun yang dia inginkan di atas lapangan, tapi di beberapa hal dia tidak bisa."

"Saran saya pada Balotelli mengenai hal ini: jangan sia-siakan talenta Anda. Di Maracan Anda bisa bilang siapa yang pemain hebat dan mana yang cuma sekadar kata-kata, jadi saya sarankan padanya agar tidak terpengaruh atmosfer. Bermain di sana akan membuat Anda merinding, karena itu adalah stadion terindah di dunia. Saya tidak pernah mampu mencetak gol di Maracana selama karier profesional," demikian dia.

Balotelli bersama timnas Italia akan melakoni laga perdana Piala Konfederasi Grup A melawna Meksiko di Maracana, Minggu (16/6/) dinihari WIB.




(mrp/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed