sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 19 Mei 2014 03:55 WIB

Tiket Terakhir Liga Europa Jadi Milik Parma

- detikSport
Getty Images/Marco Luzzani Getty Images/Marco Luzzani
Parma -

Parma akhirnya menjadi tim yang berhak mendapatkan tiket terakhir ke Liga Europa. Gialloblu mendapatkannya usai mengalahkan Livorno 2-0 pada pekan terakhir.

Menjamu Livorno di Stadion Ennio Tardini, Senin (19/5/2014) dinihari WIB, Parma mengusung target wajib menang. Mereka juga berharap Torino gagal menang atas Fiorentina.

Demi memenuhi target tersebut, Parma tampil sangat ofensif. Mereka unggul penguasaan bola hingga 62:38. Tim asuhan Roberto Donadoni itu juga membuat 19 percobaan mencetak gol meski cuma empat yang mengarah ke gawang.

Usaha keras Parma baru membuahkan hasil pada menit ke-62. Sundulan Amauri meneruskan tendangan sudut Antonio Cassano menggetarkan gawang Livorno yang dikawal Luca Anania.

Parma menggandakan keunggulannya ketika pertandingan berusia 80 menit. Amauri lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor melalui sebuah tendangan jarak dekat.

Berkat kemenangan ini, Parma finis di posisi keenam klasemen akhir Serie A dengan koleksi 58 poin dari 38 pertandingan. Mereka unggul satu poin atas Torino dan AC Milan yang masing-masing berada di posisi ketujuh dan kedelapan.

Torino Nyaris Lolos

Torino sebenarnya berada di ambang kelolosan. Mereka punya peluang besar untuk mengalahkan Fiorentina di Artemio Franchi. Tapi, Il Toro akhirnya harus puas dengan hasil seri 2-2.

Fiorentina lebih dulu memimpin melalui penalti Giuseppe Rossi pada menit ke-57. Namun, gol Marcelo Larrondo membuat skor jadi berimbang 1-1.

Fiorentina kembali unggul ketika Ante Rebic merobek gawang Torino pada menit ke-79. Akan tetapi, Torino mampu menyamakan skor menjadi 2-2 lewat gol Jasmin Kurtic pada menit ke-84.

Ketika laga memasuki injury time, Torino mendapatkan kesempatan emas untuk menang. Mereka memperoleh hadiah penalti usai Paulo Barreto dilanggar di area terlarang.

Sial buat Torino, kesempatan emas ini tak bisa mereka maksimalkan. Alessio Cerci yang menjadi algojo gagal mencetak gol karena tembakannya dimentahkan kiper Fiorentina, Antonio Rosati. Kegagalan Cerci ini membuat tiket Liga Europa melayang ke tangan Parma.




(mfi/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com