sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 23 Des 2014 03:22 WIB

Piala Super Italia

Napoli Juara Setelah Kalahkan Juventus Lewat Adu Penalti

- detikSport
(Getty Images/Warren Little) (Getty Images/Warren Little)
Doha -

Napoli keluar sebagai juara Piala Super Italia 2014. Napoli merengkuh titel juara lewat kemenangan atas Juventus dalam adu penalti setelah laga berakhir imbang 2-2.

Dalam pertandingan di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Qatar, Senin (22/12/2014), Juve unggul cepat lewat gol Carlos Tevez di awal babak pertama. Tapi gol Gonzalo Higuain di babak kedua memaksa laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di masa perpanjangan waktu, Juve unggul lebih dulu setelah Tevez kembali membobol gawang Napoli di menit ke-106. Namun kemenangan Juve yang sudah di depan mata buyar dua menit jelang laga usai. Higuain menyelamatkan Napoli sekaligus membuat laga berlanjut ke adu penalti.

Di babak adu penalti yang berlangsung hingga sembilan tendangan, enam eksekutor Napoli sukses menjalankan tugasnya. Napoli akhirnya menang 6-5 setelah Rafael menggagalkan tendangan Simone Padoin.

Jalannya Pertandingan

Juventus sudah unggul saat pertandingan baru berjalan lima menit. Memanfaatkan kesalahan koordinasi antara Kalidou Koulibaly dan Raul Albiol, Carlos Tevez mampu mencuri bola dan lepas dari kawalan. Dia lantas menuntaskannya dengan sebuah tembakan kaki kanan untuk menjebol gawang Napoli.

Marek Hamsik nyaris membawa Napoli menyamakan kedudukan di menit ke-16 saat tembakannya dari luar kotak penalti mengenai tiang gawang. Upaya Hamsik itu sempat membentur Giorgio Chiellini hingga Gianluigi Buffon mati langkah.

Tevez benar-benar menjadi teror untuk gawang Napoli. Di menit ke-22, Tevez melepaskan tembakan keras usai menerima bola dari Fernando Llorente. Tapi Rafael masih sigap untuk menepis bola. Tak lama berselang, upaya Tevez kembali memaksa Rafael melakukan penyelamatan.

Upaya Napoli untuk mencetak gol penyama lewat Hamsik masih melebar. Sementara sepakan Gonzalo Higuain setelah mampu melepaskan diri dari kawalan dengan membalikkan badan masih melambung.

Juve kembali mengancam lewat Stephan Lichtsteiner yang merangsek ke dalam kotak penalti dari sisi kanan. Dia kemudian langsung melepaskan tembakan ke arah gawang, tapi Rafael lagi-lagi bisa menepis bola.

Jelang berakhirnya babak pertama, sebuah sepakan melengkung dari Higuain memaksa Buffon untuk melakukan penyelamatan. Peluang Napoli kembali tak membuahkan hasil setelah tendangan bebas Faouzi Ghoulam dari posisi yang menjanjikan masih membentur pagar betis yang dibangun pemain Juve.

Memasuki babak kedua, Napoli yang tertinggal mencoba mengambil inisiatif menyerang. Jose Callejon melepaskan tembakan dengan kaki kanan ke arah tiang jauh. Tapi bola masih melebar tipis dari sasaran.

Di menit ke-60, upaya Higuain nyaris membobol gawang Juve. Namun sepakan chip-nya dari sudut sempit masih membentur tiang gawang.

Tekanan yang dilancarkan Napoli akhirnya membuahkan hasil di menit ke-68. Jonathan de Guzman yang bergerak dari sisi kiri lantas melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Higuain yang lepas dari kawalan tanpa kesulitan menyundul bola dari jarak dekat untuk mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Tersengat oleh gol Napoli, Juve meningkatkan tempo permainan. Peluang didapat Tevez di menit ke-73, tapi tembakannya dari dalam kotak penalti masih terlalu lemah dan bisa diamankan oleh Rafael. Tak lama berselang, sundulan Llorente menyambut umpan Lichtsteiner melebar dari sasaran.

Vidal melewatkan sebuah peluang bagus yang dibangun lewat serangan balik. Meski berdiri bebas tak terkawal dan punya ruang tembak, Vidal gagal mengarahkan bola ke gawang.

Di menit-menit akhir, tekanan yang terus dilancarkan Juve belum membuahkan hasil. Mendapat assist dari Llorente, Tevez sedikit terpeleset dan sepakannya menyamping di sisi kanan gawang Napoli.

Tak ada gol tambahan lagi yang tercipta. Pertandingan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di babak pertama tambahan waktu, Juve langsung mengambil inisiatif menyerang. Tapi beberapa upaya mereka patah di tangan Rafael.

Peluang emas kembali didapat Juve. Umpan Evra dari sisi kiri disambar Vidal yang tak terkawal di dalam kotak penalti. Tapi Koulibaly yang berdiri di depan gawang menggagalkan kans Juve ini.

Di awal babak kedua masa perpanjangan waktu, Juve kembali unggul. Untuk kedua kalinya, Tevez membobol gawang Napoli saat waktu memasuki menit ke-106. Menerima bola dari Paul Pogba, Tevez yang ada di dalam kotak penalti lantas mencari ruang sebelum melepaskan tembakan yang mengarah ke pojok kanan gawang Napoli.

Penyelamatan gemilang dilakukan Buffon tak lama kemudian. Dengan satu tangannya, Buffon menepis tembakan Higuain untuk menjaga skor tetap bertahan 2-1 untuk Juve.

Dua menit jelang masa perpanjangan waktu habis, Napoli berhasil menyamakan kedudukan. Sebuah umpan dari sisi kanan jatuh di depan gawang Juve. Meski dalam kawalan Padoin dan Chiellini, Higuain tetap mampu menceploskan bola ke dalam gawang dari jarak dekat. Laga pun berlanjut ke babak adu penalti.

Adu penalti berlangsung hingga sembilan kali tembakan. Enam penendang Napoli sukses menjalankan tugasnya. Kemenangan Napoli ditentukan oleh Rafael yang menepis tendangan terakhir Simone Padoin.

Napoli
Jorginho: gagal
Ghoulam: gol
Albiol: gol
Inler: gol
Higuain: gol
Gargano: gol
Mertens: gagal
Callejon: gagal
Koulibaly: gol

Juve
Tevez: gagal
Vidal: gol
Pogba: gol
Marchisio: gol
Morata: gol
Bonucci: gol
Chiellini: gagal
Pereyra: gagal
Padoin: gagal

Susunan Pemain

Juventus: Buffon; Lichtsteiner (Padoin 79), Bonucci, Chiellini, Evra; Pirlo (Pereyra 66), Marchisio, Pogba; Vidal; Tevez, Llorente (Morata 106)

Napoli: Rafael; Maggio, Albiol, Koulibaly, Ghoulam; Gargano, David Lopez (Inler 91); De Guzman (Jorginho 106), Hamsik (Mertens 79), Callejon; Higuain

(nds/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com