Cannavaro: Bukan Salah De Boer Kalau Inter Terpuruk

Meylan Fredy Ismawan - Sepakbola
Kamis, 17 Nov 2016 10:27 WIB
Foto: REUTERS/Alessandro Garofalo
Milan - Fabio Cannavaro menganggap Frank de Boer tidak bisa disalahkan atas buruknya pencapaian Inter Milan sejauh ini. Menurut Cannavaro, yang salah adalah orang yang memilih De Boer di Inter.

De Boer dipecat Inter pada 1 November silam, hanya 85 hari setelah diangkat sebagai pelatih klub tersebut. Padahal, pria asal Belanda itu sebenarnya dikontrak Nerazzurri selama tiga tahun untuk menggantikan Roberto Mancini.

Dalam 14 pertandingan di bawah komando De Boer, Inter cuma menang lima kali, dua kali seri, dan sisanya berujung kekalahan.

"Frank de Boer jelas sudah menunjukkan di Belanda bahwa dia adalah seorang pelatih bagus," ujar Cannavaro, merujuk pada kesuksesan De Boer mengantarkan Ajax Amsterdam menjuarai Liga Belanda empat musim secara beruntun.

"Ini bukan salahnya. Kesalahan terletak pada mereka yang memilihnya dan sekarang masih bekerja di sana. Ini jadi semacam budaya dalam sepakbola dan ini salah," tambah Cannavaro, yang pernah membela Inter pada 2002-2004.

"Seorang pelatih butuh waktu untuk mengenal para pemain, lingkungan, fans, dan kultur klub. Anda tak bisa membereskan semuanya dalam satu atau dua bulan," katanya seperti dikutip Sky.

Inter kini menghuni posisi kesembilan di klasemen Serie A dengan perolehan 17 poin. Mereka terpaut 13 poin dari Juventus yang berada di urutan teratas.

Inter telah menunjuk pengganti De Boer, yaitu mantan pelatih Lazio Stefano Pioli. Pioli akan memimpin tim untuk pertama kalinya pada laga derby melawan AC Milan, Minggu (20/11/2016) mendatang.

(mfi/rin)