DetikSepakbola
Jumat 13 Oktober 2017, 11:16 WIB

Jelang Liga Italia

Data dan Fakta Jelang Duel Roma vs Napoli

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Data dan Fakta Jelang Duel Roma vs Napoli Foto: Getty Images/Maurizio Lagana
Roma - Serie A pekan ke-8 dipanaskan pertemuan AS Roma dengan Napoli. Giallorossi akan menguji Partenopei yang masih melaju sempurna sejauh ini.

Roma akan menjamu Napoli di Olimpico, Minggu (15/10/2017) dinihari WIB di lanjutan Serie A. Pertandingan ini diyakini jadi ajang kedua tim untuk mengukur kans dalam persaingan gelar Scudetto.

Meski bermain tandang, Napoli punya sedikit keunggulan menyusul start sempurna mereka di tujuh pertandingan. Skuat besutan Maurizio Sarri merupakan satu-satunya tim yang belum kehilangan poin sejauh ini.

Sementara Roma setidaknya sudah membangun momentum positif lewat empat kemenangan beruntun selepas kekalahan dari Inter Milan. Kekalahan dari Inter itu masih jadi satu-satunya laga yang gagal dimenangi Roma musim ini, dari enam pertandingan yang sudah mereka lakoni.

Musim lalu kedua tim saling mengalahkan satu sama lain dalam dua pertemuan di liga. Menariknya, kemenangan itu justru dipetik oleh tim yang statusnya tandang. Akankah tren itu akan berlanjut?

[Gambas:Sportradar]

Berikut adalah data dan fakta lainnya terkait duel Roma vs Napoli

- Roma dan Napoli cuma berimbang sekali di 10 pertemuan terakhir. Giallorossi menang di lima kesempatan, Partenopei di empat kesempatan.

- Kekalahan terburuk dalam sejarah Napoli di Serie A adalah saat menghadapi Roma pada Maret 1959. Mereka takluk 0-8.

- Sampai musim lalu, Napoli tak memenangi lima laga tandang ke Roma berturut-turut di Serie A, dengan catatan sekali imbang dan empat kali kalah.

- Roma sudah selalu mencetak gol di 27 laga terakhirnya di liga, satu gol lagi akan mengantarkan mereka mencatatkan rekor Serie A.

- Napoli memenangi tujuh pertandingan pertama di liga musim ini. Kecuali di musim 2005/2006, hanya dua tim yang bisa memenangi delapan pertandingan pertamanya yakni Juventus di 1930/1931 dan Roma di 2013/2014.

- Napoli mencetak gol di babak kedua lebih banyak dari tim manapun di Serie A musim ini, yakni 16 gol. Menariknya, masing-masing dari empat gol yang bersarang ke gawang Roma sejauh ini tercipta di babak kedua.

- Hanya Juventus yang menghabiskan waktu lebih lama dalam posisi memimpin atas lawan, yakni 411 menit, dibandingkan Roma (343 menit) dan Napoli (332 menit).

- Marek Hamsik yang sudha mencetak lima gol melawan Roma di Serie A, hanya satu gol tertinggal dari rekor gol Maradona di Napoli yang berjumlah 115 gol di seluruh kompetisi.

- Sudah menghadapi Roma sebanyak sembilan kali di Serie A, Lorenzo Insigne belum mencetak satupun gol ke gawang rivalnya tersebut.

- Edin Dzeko yang sudah mencetak dua gol dalam tiga laga melawan Napoli di Serie A, terlibat langsung di delapan dari 14 gol Roma di liga musim ini. Catatannya adalah tujuh gol dan satu assist.
(raw/krs)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed