sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 23 Okt 2017 17:47 WIB

Mengeluh Soal VAR, Montella Malah Disindir Wasit

Randy Prasatya - detikSport
Foto: Alessandro Garofalo/Reuters Foto: Alessandro Garofalo/Reuters
Milan - Kepala wasit, Marcello Nicchi, menilai bahwa pelatih AC Milan, Vincenzo Montella, tidak mengerti dengan Video Assistant Referee (VAR).

Montella memprotes keras kartu merah yang diterima bek Milan Leonardo Bonucci dalam hasil imbang 0-0 di San Siro, Minggu (22/10/2017) malam WIB. Bonucci hanya bermain selama 25 menit karena diusir wasit usai kedapatan menyikut Aleandro Rosi sampai berdarah.

Sebelum mencabut kartu merah dari sakunya, wasit Piero Giacomelli, lebih dulu melihat VAR. Mantan pelatih Fiorentina itu merasa muak karena keputusan dibuat berdasarkan pengelihatan di televisi.


"Bonucci tidak pernah melihat ke arah pemain lawan saat dia mencoba mendapatkan posisi dan menahan penjaganya. Saya selalu melakukan hal itu ketika saya masih menjadi seorang striker, tapi pelanggaran sangat jarang diberikan kepada saya karena saya pendek dan tidak akan mengenai wajah pemain lawan, sebaliknya Bonucci sangat tinggi," kata Montella usai laga.

"Saya pikir VAR membawa banyak hal bagus ke dalam olahraga ini. Tapi kami harus menentukan apakah kami berada di sebuah dunia yang terhubung dengan televisi atau berhubungan dengan lapangan. Bagaimanapun, saya tidak ingin terlihat seperti orang yang mengeluh tentang wasit. Bonucci sendiri kaget. Gambarnya tidak jelas. Anda tidak bisa bilang Bonucci menyikutnya dengan sengaja."

Keritikan Montella pun langsung dibalas oleh Nicchi. Dia menganggap bahwa si pelatih tidak mengerti kegunaan VAR. Bahkan, dia juga menuding bahwa Montella tidak akan mengeluh jika hasilnya menguntungkan Rossoneri.

"Dia masih belum mengerti bahwa VAR melihat semuanya, dan ada yang masih protes di lapangan," kata Nicchi kepada Radio Rai.

"Saya tidak akan membalas Montella dalam pengertian yang lebih luas, tapi saya akan mengatakan bahwa dia harus menyesuaikan diri dengan era sepakbola yang baru ini," sambungnya.

"Semua orang main untuk karier mereka, bukan cuma dia. Saya pikir sedikit kegugupan hal yang wajar, tapi Montella tahu bahwa jika Milan bisa membalikkan keadaan, dia tidak akan mengeluh dalam sebuah konferensi pers."

Nicchi juga menambahkan bahwa VAR memang belum sempurna. Namun, setidaknya teknologi yang baru dipakai musim ini di Serie A itu bisa mengurangi kesalahan wasit.

"Wasit sudah berubah. Mereka dulu punya karakter hebat, tapi sekarang ada keseragaman lagi. Semuanya tidak bisa sempurna sejak awal, tapi sekarang dengan VAR, dari 10 intervensi, mungkin hanya akan kelewatan satu," tambah si kepala wasit itu. (rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com