Jelang Liga Italia

Roma Mengancam Laju Impresif Lazio

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Jumat, 17 Nov 2017 12:02 WIB
AS Roma akan menjamu Lazio di Serie A akhir pekan ini (Foto: REUTERS/Max Rossi)
Jakarta - Lazio menatap derby kota Roma dengan modal laju yang sangat mengesankan. Tapi AS Roma juga sedang punya catatan bagus di laga derby.

Derby della Capitale atau derby ibu kota akan memanaskan Serie A giornata 13 akhir pekan ini, Minggu (19/11/2017) dini hari WIB. Untuk derby kali ini, Roma akan lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah.

Di papan klasemen, Roma dan Lazio saat ini sedang bersaing ketat. Lazio menempati peringkat empat dengan 28 poin dari 11 laga, unggul satu angka dari Roma.

Menilik tren performa kedua tim, Lazio sedikit lebih diunggulkan ketimbang Roma. Di bawah arahan Simone Inzaghi, Biancoceleste merangkai sembilan kemenangan beruntun di semua kompetisi.

Maka pertandingan derby akhir pekan ini pun akan jadi ujian bagi Lazio. Sebab Roma punya catatan bagus saat bertindak sebagai tuan rumah dalam laga derby.

Berikut adalah data dan fakta dari pertandingan antara Roma dan Lazio seperti dirangkum Opta:

- Sudah ada 146 kali pertemuan antara AS Roma dan Lazio di Serie A sejauh ini: 52 kemenangan untuk Giallorossi, 37 kemenangan untuk Biancocelesti, dan 57 hasil imbang.

- Lazio memenangi duel terakhir di liga melawan AS Roma, setelah delapan laga sebelumnya tak pernah menang (lima kemenangan untuk Roma, tiga kali imbang).

- AS Roma hanya kalah dua kali dalam 19 derby terakhir di Serie A saat bertindak sebagai tuan rumah (W10 D7).

- Roma belum pernah imbang dalam 17 pertandingan terakhirnya di liga (W14 L3) dan hanya satu kali gagal mencetak gol dalam laju tersebut (vs Napoli).

- Lazio memenangi sembilan pertandingan secara berutun di semua kompetisi, rentetan kemenangan terpanjang dalam sejarah klub.

- Lazio sudah meraih 28 poin, catatan terbaiknya setelah 11 pertandingan pertama Serie A.

- AS Roma adalah satu-satunya tim yang belum kebobolan dari situasi bola mati di Serie A musim ini, sementara Lazio paling banyak mencetak gol dari bola mati (12).

- Lazio (75 menit) dan AS Roma (83 menit) adalah dua dari tiga tim yang paling sebentar ada dalam posisi tertinggal di Serie A musim ini. Yang lainnya adalah Napoli (77 menit).

- Sejak 1 Januari 2017, di antara lima liga top Eropa, hanya Lionel Messi (46) dan Dries Mertens (38) yang terlibat dalam lebih banyak gol daripada Ciro Immobile (36, 28 gol dan delapan assist).

- Tidak ada pemain Serie A saat ini yang mencetak gol lebih banyak di derby Roma daripada Daniele De Rossi dan Edin Dzeko (masing-masing dua).

- Sejak 1994/1995, derby Roma menghasilkan 32 kartu merah (19 untuk AS Roma, 13 untuk Lazio), lebih banyak daripada laga-laga Serie A lainnya.

(nds/rin)