DetikSepakbola
Kamis 25 Januari 2018, 04:59 WIB

Gol Dzeko di Injury Time Selamatkan Roma dari Kekalahan

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Gol Dzeko di Injury Time Selamatkan Roma dari Kekalahan AS Roma bermain imbang 1-1 dengan Sampdoria (Foto: MARCO BERTORELLO/AFP PHOTO)
Genoa - AS Roma belum juga kembali ke jalur kemenangan usai bermain imbang melawan Sampdoria. Roma bahkan butuh gol Edin Dzeko di injury time untuk menyamakan skor.

Dalam pertandingan di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Kamis (25/1/2018) dini hari WIB, Sampdoria dan Roma bermain imbang 1-1.

Ini merupakan laga tunda dari pertandingan yang seharusnya dimainkan pada 10 September 2017. Pertandingan kala itu harus dibatalkan karena cuaca buruk.

Dzeko yang tengah santer dikabarkan diincar Chelsea diturunkan sejak menit pertama oleh pelatih Eusebio Di Francesco. Pada akhirnya, Dzeko menyelamatkan Roma dari kekalahan lewat golnya di masa injury time. Sebelumnya, Sampdoria unggul lebih dulu berkat eksekusi penalti Fabio Quagliarella.

Dengan hasil ini, Roma berarti sudah tidak menang dalam lima pertandingan terakhirnya di Serie A. Tambahan satu poin tak mengubah posisi Giallorossi di peringkat lima dengan 41 poin dari 21 pertandingan. Sementara Sampdoria tepat berada di bawahnya dengan 34 poin.

Jalannya Pertandingan

Roma yang mencoba untuk keluar dari tren negatif mengambil inisiatif menyerang. Namun Edin Dzeko menyia-nyiakan peluang usai menerima umpan dari Cengiz Under.

Lorenzo Pellegrini mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Upaya Pellegrini itu memaksa Emiliano Viviano melakukan penyelamatan.

Viviano kembali menggagalkan peluang Roma di menit ke-25. Kali ini dia menghalau tembakan Radja Nainggolan dari jarak dekat dengan kakinya.

Tendangan bebas Pellegrini menghasilkan peluang bagus bagi Kostas Manolas. Namun, meski relatif tak terkawal, Manolas tak mampu mengarahkan sundulannya ke gawang.

Gregoire Defrel menyia-nyiakan peluang usai mendapat bola terobosan dari Dzeko. Cukup bebas di depan kotak penalti Sampdoria, Defrel gagal mengarahkan tendangannya ke gawang.

Di menit ke-45, Sampdoria mendapat hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah menilai Aleksandar Kolarov melakukan handball saat mencoba menghalau sebuah umpan dari sisi kiri. Wasit memutuskan untuk memberikan penalti setelah meninjau VAR.

Fabio Quagliarella yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya. Meski Alisson Becker mampu menebak arah tendangan Quagliarella, tapi bola meluncur terlalu deras ke pojok kanan bawah gawang.

Memasuki babak kedua, Sampdoria langsung menebar ancaman. Namun tendangan Duvan Zapata masih melambung di atas mistar gawang.

Tendangan bebas Gianluca Caprari di menit ke-62 nyaris menambah keunggulan Sampdoria. Tapi Alisson melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan peluang tersebut.

Dzeko sempat mencetak gol di menit ke-67. Tapi gol tersebut dianulir karena hakim garis lebih dulu mengangkat bendera tanda offside.

Alisson kembali menyelamatkan gawang Roma dari kebobolan. Kali ini dia menepis sepakan Caprari.

Roma akhirnya menyamakan skor di menit ke-91. Umpan Mirko Antonucci dari sisi kiri diteruskan Dzeko dengan sundulan dari jarak dekat.

Di sisa waktu pertandingan, Sampdoria mendapat dua tendangan bebas di depan kotak penalti Roma. Namun tak ada yang menghasilkan gol. Satu tendangan menghantam pagar betis, sementara yang kedua melambung di atas mistar gawang. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Sampdoria: Viviano; Bereszynski, Silvestre, Ferrari, Strinic (Murru 74); Praet (Barreto 80), Torreira, Linetty; Ramirez; Duvan Zapata, Quagliarella (Caprari 51)

Roma: Alisson; Florenzi, Manolas, Fazio, Kolarov; Pellegrini (Gerson 80), Strootman, Nainggolan; Defrel (Schick 64), Dzeko, Cengiz Under (Antonucci 74)


(nds/mfi)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed