DetikSepakbola
Senin 19 Maret 2018, 05:40 WIB

Gol Tunggal Raul Albiol Pastikan Napoli Tempel Juventus

Muhammad Idris - detikSport
Gol Tunggal Raul Albiol Pastikan Napoli Tempel Juventus Raul Albiol mencetak gol tunggal kemenangan Napoli atas Genoa. (Foto: Francesco Pecoraro/Getty Images)
Naples - Bermain di depan kandangnya sendiri, Napoli harus bersusah payah mendapatkan tiga poin dari Genoa. Mereka menang tipis 1-0 lewat gol Raul Albiol di babak kedua.

Pada laga yang dihelat di Stadion San Paolo, Senin (19/3/2018) dini hari WIB, Napoli kesulitan mengembangkan permainannya di awal pertandingan. Bahkan lebih banyak terancam oleh tim tamu di babak pertama.

Sementara gol yang dinanti tuan rumah baru tercipta di menit ke-72, lewat sundulan Raul Albiol dari sepak pojok. Tidak ada gol lagi yang tercipta di laga tersebut.

Kemenangan tipis ini sudah cukup untuk menjaga Napoli dalam jarak jangkau ke Juventus di puncak klasemen. Masih di posisi dua, kini Partenopei mengolesi nilai 73 dari 29 laga dan cuma dua poin di belakang Juventus. Sementara Genoa tertahan di posisi 13 dengan 30 poin.


Jalannya Pertandingan

Genoa yang tampil sebagai tim tamu langsung mengambil inisiatif serangan. Laga baru berjalan menit ke-5, Oscar Hijelmark langsung mengancam gawang Napoli. Tembakan terarah dari sepakan kaki kanannya di sebelah kiri gawang bisa diamankan penjaga gawang Reina.

Berselang lima menit, tim tamu kembali menebar ancamannya. Sebuah sundulan dari umpan crossing Hiljemark gagal dimanfaatkan oleh Ervin Zukanovic. Bola sundulannya dari tengah kotak pinalti hanya mengarah ke sisi kiri mistar.

Peluang Genoa lainnya, yakni saat tendangan Darko Lazovic dari sudut sempit di sisi kanan tak mengenai sasaran.

Sementara peluang pertama Napoli baru didapat di menit ke-15. Mendapatkan sodoran bola dari jorginho, Dries Mertens menyepak bola dari sisi kanan pertahanan tim tamu. Namun si kulit bundar masih melebar tipis di kiri gawang.

Memasuki menit ke-20, Napoli harus kehilangan Marek Hamsik yang ditarik keluar lapangan karena cedera. Dia digantikan oleh Piotr Zielinski.

Peluang berikutnya dari Napoli datang pada menit ke-26, menyambut umpan Jose Callejon, sebuah tembakan terarah yang dilepaskan Lorenzo Insigne mengarah ke pojok kiri bawah gawang. Bola masih bisa diamankan kiper Genoa, Perin.

Ancaman ke gawang Reina kembali terjadi di menit ke-34. Goran Pandev yang berdiri di tengah kotak pinalti mendapatkan operan dari Hiljemark, akan tetapi tembakan kaki kirinya diblok tembok pertahanan Napoli.

Belum semenit, gawang tim tuan rumah kembali terancam. Nicolas Spolli gagal memanfaatkan peluang di tengah kotak pinalti Napoli. Setelah mendapatkan umpan crossing, sundulannya hanya menyamping tipis di sisi kanan tiang.


Hingga babak pertama berakhir, tak ada peluang berarti yang didapat kedua tim. Kedua tim bermain imbang dengan skor kaca mata.

Di babak kedua, Napoli mulai lebih menunjukan agresivitasnya. Dries Martens yang mendapatkan sodoran bola dari Piotr Zielinski, langsung menembak dari luar kotak pinalti. Tendangannya memantul tiang gawang dan kembali ke arena pertandingan.

Napoli kembali mendapatkan peluang mencetak gol. Kali ini di menit ke-57, namun tembakan kaki kanan Elseid Hysaj gagal menemui sasaran karena mengarah ke sisi kiri sebelah mistar gawang.

Di menit ke-59, umpan dari sundulan Aleandro Rosi gagal dimanfaatkan Genoa untuk menjebol gawang Napoli. Tendangan Pandev dari luar kotak pinalti melenceng di kiri gawang.

Genoa mendapatkan peluang apik di menit ke-65. Sebuah serangan dari sisi kiri, Adel Taarabt berhasil melepaskan tembakan yang masih mampu diamankan oleh Reina.

Setelah menanti cukup lama, pendukung tuan rumah bisa bersorak di menit ke-72. Sebuah umpan lambung dari sepak pojok Jose Callejon, disambut tandukan Raul Albiol. Sundulannya mengarahkan bola ke pojok kanan gawang, tak terjangkau oleh kiper Perin.

Tertinggal 0-1, membuat tim tamu berupaya mengejar. Peluang menyamakan kedudukan didapat pada menit ke-74, berawal dari umpan lambung Adel Taarabt, sebuah sundulan Aleandro Rosi yang melompat dari tengah kotak pinalti bisa diamankan oleh Reina.

Genoa terus berupaya mengejar ketertinggalan. Guiseppe Rossi dimasukkan menggantikan Aleandro Rosi. Sementara di pihak Napoli di menit ke-82, Dries Mertens ditarik keluar digantikan Arkadiusz Milik.

Namun hingga peluit panjang, tak ada gol lain. Napoli bisa mempertahankan keunggulan 1-0 mereka hingga tambahan waktu tiga menit.

Susunan pemain:

Napoli: Reina; Hysaj, Albiol, Koulibaly, Mario Rui; Allan, Jorginho, Hamsik (Zielinski 20); Callejon (Rog 85), Mertens (Milik 81), Insigne

Genoa: Perin; Biraschi, Spolli, Zukanovic; Rosi (Rossi 78), Lazovic (Taarabt 61), Bertolacci, Hiljemark, Laxalt; Pandev (Rigoni 67), Galabinov
(idr/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed