DetikSepakbola
Senin 23 April 2018, 12:16 WIB

Gattuso Dapat Kontrak Baru, Milan Malah Gagal Finis Empat Besar

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Gattuso Dapat Kontrak Baru, Milan Malah Gagal Finis Empat Besar Milan tak pernah menang sejak Gennaro Gattuso dapat kontrak baru (Emilio Andreoli/Getty Images)
Milan - Performa AC Milan terus menurun dan dipastikan gagal finis empat besar. Ironisnya rentetan hasil buruk itu didapat usai kontrak baru Gennaro Gattuso.

Di bawah arahan Gattuso yang menggantikan Vincenzo Montella akhir November lalu, Milan sempat menjalani periode positif dengan rentetan laga tak terkalahkan. Itu Dicatatkan Milan di Serie A sejak 6 Januari sampai 18 Maret 2018, delapan kemenangan dan satu seri.


Bahkan Gattuso juga berhasil membawa Milan lolos ke final Coppa Italia. Satu-satunya cela Gattuso adalah kekalahan dari Arsenal pada babak 16 besar Liga Europa. Milan pun dibawa menembus zona Eropa dan berpeluang finis empat besar.

Performa oke Milan itu membuahkan kontrak baru untuk Gattuso awal April lalu yang berdurasi hingga 2021 dengan bayaran dua juta euro (Rp 34 miliar) per tahun. Ini meningkat drastis dari pendapatan yang membuatnya jadi pelatih Serie A dengan gaji terkecil, 120 ribu euro per musim atau sekitar Rp 2,02 M.

Tapi, kontrak baru Gattuso itu malah terlihat membebani diri si pelatih dan juga para pemain. Bukan tanpa alasan mengingat Milan tak pernah menang sejak Gattuso meneken kontrak baru. Bahkan beberapa hari sebelum pengumuman itu, Milan juga kalah 1-3 dari Juventus.


Ada lima laga dilalui Milan setelah kontrak baru pelatihnya, empat di antaranya berakhir imbang dan satu kekalahan. Kekalahan itu didapat dua hari lalu saat ditaklukkan 0-1 oleh tim juru kunci Benevento.

Hasil itu pun memalukan tentunya untuk Milan yang di pertemuan pertama juga tak mampu mengalahkan Benevento karena cuma main imbang 2-2. Milan pun terlempar dari zona Eropa alias turun ke posisi ketujuh dengan 54 poin.

Jarak dengan Atalanta di posisi keenam memang cuma satu poin tapi untuk memenuhi misi lolos ke Liga Champions sepertinya tidak mungkin. Pasalnya ada selisih 13 poin yang membedakan dengan Lazio di posisi keempat dan musim tinggal menyisakan empat pekan lagi.


Kini Milan pun bisa mengucapkan selama tinggal kepada Liga Champions dan bekerja keras lagi di sisa musim untuk mengamankan tiket ke Liga Europa. Bisa, Gattuso?



(mrp/krs)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed