DetikSepakbola
Kamis 17 Mei 2018, 18:37 WIB

Angka-angka dalam Karier Buffon Sejauh Ini

Kris Fathoni W - detikSport
Angka-angka dalam Karier Buffon Sejauh Ini Dalam karier panjangnya sejauh ini, Gianluigi Buffon mencatatkan sejumlah pencapaian (Foto: Craig Brough/Action Images via Reuters)
Turin - Gianluigi Buffon baru saja mengumumkan bakal meninggalkan Juventus di akhir musim. Berikut angka-angka di balik karier panjangnya sejauh ini.

Saat ini kiper berusia 40 tahun tersebut belum memastikan apa dirinya masih akan melanjutkan sisa karier di tempat lain, atau sekaligus pensiun dari sepakbola.

Menurut Buffon, saat ini dirinya sudah ditawari proposal dan tantangan menarik baik dalam kapasitas sebagai pemain maupun peran lain dalam sepakbola. Ia akan membuat keputusan dalam beberapa waktu mendatang.

Sampai dengan pernyataan berikutnya dari Buffon, berikut rangkuman Football Italia mengenai angka-angka dalam perjalanan karier si pesepakbola yang sudah membela Juventus sejak 2001 usai direkrut dari Parma.


- Buffon sudah membuat 639 penampilan Serie A, terbanyak di antara jajaran para kiper, dan secara keseluruhan cuma kalah dari Paolo Maldini (647).

- Buffon sudah bermain 655 kali buat Juventus semenjak kedatangannya pada 2001, membuat 300 clean sheet.

- Total Buffon sudah tampil dalam 875 laga klub, kebobolan 729 gol dan membuat 383 clean sheet.

- Buffon memegang rekor clean sheet Serie A setelah 974 menit beruntun tidak kebobolan satu gol pun pada 2015/2016.

- Sudah 176 caps dicatatkan Buffon buat timnas Italia. Tak ada pemain lain dengan jumlah penampilan lebih banyak darinya di Gli Azzurri.

- Di Juventus, cuma Alessandro Del Piero yang sudah memainkan lebih banyak pertandingan (705) ketimbang Buffon dan tak ada yang tampil dalam jumlah menit lebih banyak.

- Buffon merupakan pemain Juventus dengan jumlah penampilan terbanyak di Liga Champions (115). Ia juga sudah tampil 124 kali di seluruh kompetisi antarklub Eropa, dengan jumlah itu membuatnya berbagi rekor bersama Del Piero.

- Buffon telah memainkan lebih dari 1.000 laga profesional dalam kariernya.


- Tak ada kiper yang menyamai koleksi penghargaan Buffon berupa 12 predikat Goalkeeper of the Year di Serie A.

- Dua kali Buffon mengukir rekor clean sheet Serie A, dengan 21 kali pada musim 2011/2012 dan 2015/2016.

- Buffon memegang rekor untuk clean sheet terbanyak Italia (77), clean sheet terbanyak di Piala Dunia (enam), jumlah menggagalkan penalti (lima).

- Buffon merupakan peraih gelar juara Serie A beruntun terbanyak, bersama-sama dengan Andrea Barzagli, Giorgio Chiellini, Stephan Lichtsteiner, dan Claudio Marchisio setelah keberhasilan ketujuhnya musim ini.

- Secara keseluruhan Buffon sudah meraih sembilan Scudetto, yang merupakan sebuah rekor. Ia pribadi menghitung punya 11 titel, termasuk 2004/2005 dan 2005/2006 yang dicabut akibat skandal Calciopoli.



(krs/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed