DetikSepakbola
Senin 21 Mei 2018, 01:49 WIB

Calhanoglu Cemerlang, Milan Tutup Musim dengan Gemilang

Redzi Arya Pratama - detikSport
Calhanoglu Cemerlang, Milan Tutup Musim dengan Gemilang AC Milan menang telak 5-1 atas Fiorentina di laga terakhirnya di Serie A 2017/2018. (Foto: Emilio Andreoli/Getty Images)
Milan - Hakan Calhanoglu tampil impresif saat AC Milan mengakhiri musim dengan kemenangan besar. Tertinggal duluan, Rossoneri bangkit dan menang 5-1.

Menjamu Fiorentina di San Siro, Minggu (20/5/2018), Calhanoglu berperan langsung dalam empat dari lima gol Milan. Dia bikin satu gol dan menyumbang tiga assist.

Milan tertinggal lebih dulu usai dibobolan Giovanni Simeone di menit ke-20. Namun Calhanoglu membalasnya tiga menit berselang, disusul gol Patrick Cutrone pada menit ke-42.

Nikola Kalinic membawa Milan unggul lebih jauh di menit ke-49, lalu diikuti gol kedua Cutrone di menit ke-59, dan Giacomo Bonaventura di menit ke-76. Milan pun menang telak 5-1.

Hasil ini memastikan Milan finis keenam dengan nilai 64 dari 38 laga. Sementara Fiorentina harus mengubur asa mendapatkan tiket kualifikasi Liga Europa, karena finis tiga poin di belakang Atalanta di posisi tujuh yang mengambil jatah tersebut.


Jalannya Pertandingan

Milan mengawali babak pertama dengan cepat. Meski Fiorentina terlihat nyaman pada 10 menit awal menguasai bola tapi secara tekanan dan serangan, Milan terlihat lebih tertata.

Pada menit ketujuh, Franck Kessie nyaris membuka keunggulan bagi Milan. Berawal dari umpan Giacomo Bonaventura, Kessie mendapat ruang tembak yang nyaman.

Namun tembakan Kessie masih bisa diselamatkan dengan gemilang oleh kiper Fiorentina, Marco Sportiello. Lima menit kemudian Kessie kembali membuat peluang. Kali ini tembakan jarak jauhnya masih melenceng.

Serangan bertubi-tubi dilakukan Milan. Menit ke-13 giliran Nikola Kalinic yang mendapat ruang tembak memanfaatkan blunder Cristiano Biraghi, tapi Sportiello lagi-lagi menyelamatkan Fiorentina.

Tak membuat banyak peluang, Fiorentina malah mampu mencetak gol terlebih dahulu di menit ke-20. Berawal dari umpan terobosan Federico Chiesa, Giovanni Simeone dengan cerdik membuat tendangan cungkil yang melewati Gianluigi Donnarumma dan masuk ke gawang.

Namun Milan hanya butuh tiga menit untuk menyamakan kedudukan. Adalah Hakan Calhanoglu yang mampu membuat gol melalui tendangan bebas melengkungnya.


Tempo pertandingan sedikit menurun setelah gol ini. Kedua tim lebih berhati-hati dan lebih banyak pertarungan di lini tengah. Hingga Milan membalikkan kedudukan di menit ke-42.

Calhanoglu kembali mengambil peran. Kali ini assistnya membuat Patrick Cutrone mampu membuat gol melalui tandukan. Babak pertama berakhir dengan skor 2-1 untuk Milan.

Babak kedua baru berjalan empat menit, Milan mampu kembali menambah keunggulan. Berawal dari tembakan Cutrone yang ditepis kiper pengganti Fiorentina, Bartlomiej Dragowski, bola mengarah ke Nikola Kalinic yang dengan mudah mencetak gol.

Rossoneri semakin nyaman bermain dan terus melakukan penetrasi ke lini pertahanan Fiorentina. Pada menit ke-59, Cutrone berhasil mencetak brace dan menambah keunggulan Milan. Kembali Calhanoglu yang memberikan assist untuk Cutrone pada gol ini.

La Viola semakin tertekan dan Calhanoglu benar-benar membuktikan kualitasnya pada laga ini. Ia membuat assist ketiganya pada menit ke-76, setelah memberikan umpan matang kepada Bonaventura yang mencetak gol kelima Milan.

Milan lantas mengendurkan serangan. Mereka mengontrol penguasaan bola dan menunggu waktu habis, hingga laga berakhir dengan skor 5-1 untuk Milan.
Susunan pemain:

AC Milan: Donnarumma; Rodriguez, Romagnoli, Bonucci, Calabria; Locatelli; Calhanoglu, Bonaventura (Torrasi 85'), Kessie, Cutrone (Silva 70'); Kalinic (Antonelli 78')

Fiorentina: Sportiello (Dragowski 46'); Biraghi, Hugo (Olivera 28'), Pezzella (Gaspar 46'), Milenkovic; Dabo, Cristoforo, Benassi; Saponara; Chiesa, Simeone
(raw/cas)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed