sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 13 Sep 2019 18:29 WIB

Allegri: Mental yang Membedakan Ronaldo dengan Pemain Lainnya

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Cristiano Ronaldo tetap tajam meski sudah 34 tahun. (Foto: Alessandro di Marco/ANSA via AP) Cristiano Ronaldo tetap tajam meski sudah 34 tahun. (Foto: Alessandro di Marco/ANSA via AP)
Jakarta - Cristiano Ronaldo sudah berusia 34 tahun, tapi belum menunjukkan penurunan performa berarti. Massimiliano Allegri menyebut kekuatan mental jadi pembeda.

Ronaldo menginjak 34 tahun pada Februari lalu. Tapi di akhir musim 2018/2019 itu, ia membuktikan diri masih sangat tajam sekalipun tak lagi muda.


Bintang Portugal itu menjadi top skorer Juventus dengan 28 gol di 43 penampilan seluruh ajang. Pada musim perdananya di Serie A, eks Real Madrid itu menorehkan 21 gol dan jadi pencetak gol terbanyak keempat di liga.

Ia sudah memenangi Scudetto bersama Juventus dan berikutnya Liga Champions jadi misi yang tak bisa ditolaknya. La Vecchia Signora sudah puasa trofi Liga Champions sejak 1996 silam.


Mantan pelatih Juventus Massimiliano Allegri, yang berkesempatan menangani Ronaldo musim lalu, percaya kekuatan pikiran sang pemain menjadi kunci sukses selama ini.

"Kekuatan Ronaldo adalah mentalnya: dia sudah 34 tahun, sudah memenangi Liga Champions, liga-liga, dan Ballon d'Or, tapi dia terus memberikan dirinya stimulan penting, yang membuat perbedaan," kata Allegri kepada padovasport.

"Teknik itu penting untuk bertahan di level tinggi selama bertahun-tahun, tapi perbedaannya ditentukan oleh isi kepala dan profesionalisme. Saya lebih memilih mana antara melatih Ronaldo atau talenta muda? Ronaldo, tanpa keraguan," imbuhnya seperti dilansir Football Italia.


Allegri: Mental yang Membedakan Ronaldo dengan Pemain Lainnya
(raw/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com