sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 19 Okt 2019 08:02 WIB

Ronaldo Lebih Tajir Jadi Selebgram daripada Main Bola

Bayu Baskoro Febianto - detikSport
Pendapatan Cristiano Ronaldo lebih tinggi dari Instagram daripada gajinya di Juventus. (Foto: Marco Luzzani/Getty Images) Pendapatan Cristiano Ronaldo lebih tinggi dari Instagram daripada gajinya di Juventus. (Foto: Marco Luzzani/Getty Images)
Jakarta - Cristiano Ronaldo meraup pendapatan lebih besar dari Instagram dibandingkan gajinya di Juventus. Ia menjadi selebgram dengan jumlah pengikut terbanyak di dunia.

Pesepakbola asal Portugal itu merupakan pemain dengan gaji paling tinggi di Serie A. Pendapatan Ronaldo bersama Juventus mencapai 34 juta dolar AS (Rp 480 miliar) per musim.

Meski demikian, sumber pendapatan tertinggi mantan bintang Manchester United dan Real Madrid itu tidak berasal dari hasil keringatnya di lapangan. Pendapatan terbesar Ronaldo diperoleh dari endorsement atau promosi berbayar di akun Instagram miliknya.


Hal itu dibeberkan oleh sebuah studi yang dirilis oleh Hopper HQ, sebuah perusahaan perencana media sosial yang berbasis di Inggris. Dari postingan-postingan berbayar via Instagram, Ronaldo bisa meraup keuntungan sebesar 47,8 juta dolar AS (Rp 688 miliar).

Untuk satu kali postingan di Instagram, Ronaldo mendapatkan bayaran rata-rata sekitar 975 ribu dolar AS (Rp 13,78 miliar). Angka tersebut jauh mengungguli jumlah endorsment yang didapatkan selebritis dunia seperti Kylie Jenner, Selena Gomez, dan Emily Ratajkowski.

Pemilik lima Ballon d'Or itu juga mengungguli rival utamanya, Lionel Messi. Bintang Barcelona itu mendapatkan untung sekitar 23,3 juta dolar AS (Rp 329 miliar) dari postingan berbayar di Instagram.

"Ronaldo adalah manusia yang paling banyak pengikutnya di dunia (186 juta pengikut di Instagram). Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan yang ingin mengiklankan produknya mesti membayar uang hingga nyaris mencapai 1 juta dolar," kata eksekutif marketing Hopper HQ, Nicola Cronin, dikutip dari Business Insider.


"Karena statusnya sebagai selebriti dan bintang sepakbola, penghasilannya dari Instagram memisahkan diri dari kemitraan influencer biasa. Banyak dari postingan promosinya menjadi bagian dari kesepakatan sponsor yang lebih luas, seperti Nike," tambahnya.

Pemain berusia 34 tahun ini diketahui memang menjalin kerja sama dengan berbagai sponsor. Beberapa produk yang membayar Ronaldo untuk postingan berbayar di Instagram adalah Clear, Nike, dan Sixpad Europe.

"Anda hanya perlu membuka Instagram miliknya untuk melihat berapa banyak kemitraan berbayar yang dia lakukan di luar pasar olahraga," ujar Cronin.



Simak Video "Drama Penalti Cristiano Ronaldo di Injury Time"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com