sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 01 Des 2019 21:01 WIB

Juventus Vs Sassuolo: Penalti Ronaldo Selamatkan Bianconeri dari Kekalahan

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Juventus butuh penalti Cristiano Ronaldo untuk memaksakan hasil seri 2-2 melawan Sassuolo di lanjutan Liga Italia (Foto: MARCO BERTORELLO / AFP)
Turin - Juventus terhindar dari kekalahan saat menjamu Sassuolo di lanjutan Liga Italia. Juventus butuh penalti Cristiano Ronaldo untuk memaksakan hasil imbang.

Duel Juventus vs Sassuolo di pekan ke-14 Liga Italia digelar di Allianz Stadium, Minggu (1/12/2019) malam WIB. Juventus unggul lebih dulu pada menit ke-20 lewat gol Leonardo Bonucci.

Namun keunggulan Juventus hanya bertahan dua menit. Jeremie Boga menjebol gawang Juventus untuk mengubah skor menjadi 1-1.


Juventus balik tertinggal setelah Francesco Caputo menaklukkan Gianluigi Buffon pada menit ke-47. Juventus kemudian mendapat penalti pada menit ke-68 menyusul pelanggaran terhadap Paulo Dybala.

Ronaldo yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya. Ia mengecoh Stefano Turati untuk mengubah skor menjadi 2-2.

Hanya dapat satu angka, Juventus kini mengumpulkan 36 poin di puncak klasemen Liga Italia. Namun mereka terancam disalip Inter Milan yang hanya tertinggal dua angka dan baru akan bertanding melawan SPAL.

Jalannya Pertandingan

Juventus mendapat peluang emas untuk unggul lebih dulu di awal laga. Gonzalo Higuain yang bergerak di sisi kanan melepaskan umpan tarik ke depan gawang.

Namun Emre Can yang ada di depan gawang gagal memaksimalkannya. Tendangannya luput dan peluang pun terbuang.

Can mencoba menebusnya dengan tembakan dari luar kotak penalti. Kali ini upaya Can memaksa Turati melakukan penyelamatan.

Sassuolo mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Juventus pada menit ke-12. Tendangan Giorgos Kiriakopoulos mengarah ke gawang, tapi ditepis oleh Gianluigi Buffon.

Juventus membuka keunggulan pada menit ke-20. Leonardo Bonucci melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang mengarah ke pojok bawah gawang.

Namun keunggulan Juventus hanya bertahan dua menit. Boga yang lolos dari jebakan offside saat menerima bola dari Francesco Caputo kemudian menaklukkan Buffon. Dia mengangkat bola melewati Buffon dari sudut sempit untuk mencetak gol balasan.

Sassuolo terus merepotkan pertahanan Juventus. Tim tamu dapat peluang lewat sundulan Hamed Traore yang meneruskan bola dari Toljan. Namun, meski berdiri bebas, Traore tak mampu mengarahkan bola ke gawang.


Laga babak kedua berjalan dua menit, Juventus balik tertinggal. Serangkaian kesalahan dari pemain belakang Juventus berbuah gol untuk Sassuolo.

Backpass Juan Cuadrado menyulitkan Matthijs De Ligt. Namun operan bek asal Belanda itu lebih buruk dengan langsung mengarah ke Caputo.

Caputo kemudian melepaskan tembakan yang sempat diblok Buffon. Namun penyelamatan Buffon tak sempurna dan bola bergulir masuk ke gawang.

Juventus mencoba merespons. Tendangan bebas Ronaldo memaksa Turati melakukan penyelamatan. Sedangkan upaya Higuain masih mengarah tepat ke kiper Sassuolo.

Butuh gol, Juventus melakukan pergantian dengan memasukkan Paulo Dybala dan Blaise Matuidi untuk menggantikan Federico Bernardeschi dan Emre Can. Dybala kemudian menghasilkan penalti untuk Juventus setelah dilanggar oleh Filippo Romagna pada menit ke-68.

Ronaldo maju sebagai eksekutor. Dengan tenang, pemain asal Portugal itu mengarahkan tendangannya ke pojok kiri bawah gawang untuk mengecoh Turati.

Masuknya Dybala benar-benar menambah daya gedor Juventus. Dia melepaskan tembakan dari sudut sempit yang ditepis oleh Turati.

Aaron Ramsey nyaris menjebol gawang Sassuolo setelah sepakannya gagal diamankan dengan sempurna oleh Turati. Namun Turati bisa kembali menangkap bola sebelum bergulir melewati garis gawang.

Peluang kembali didapat tuan rumah. Alex Sandro melepaskan umpan yang diteruskan dengan sundulan oleh Ronaldo. Sial bagi Juventus, bola tandukan Ronaldo masih melambung di atas mistar gawang. Pertandingan pun tuntas dengan skor akhir 2-2.

Susunan Pemain

Juventus: Buffon; Cuadrado, Bonucci, De Ligt, Alex Sandro; Emre Can (Matuidi 53), Pjanic, Bentancur; Bernardeschi (Dybala 53); Higuain (Ramsey 79), Ronaldo

Sassuolo: Turati; Toljan, Marlon, Romagna, Kyriakopoulos; Magnanelli, Traore (Duncan 62), Locatelli; Djuricic (Muldur 72), Caputo, Boga (Peluso 90)





Simak Video "Sengit, Juventus Ditahan Imbang Sassuolo 3-3"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com