Buffon Samai Rekor Maldini, Salip Del Piero

Bayu Baskoro - Sepakbola
Kamis, 19 Des 2019 13:58 WIB
Gianluigi Buffon menjadi pemain Juventus paling banyak bermain di Liga Italia (Foto: Photo by Pier Marco Tacca/Getty Images)
Turin - Gianluigi Buffon mencatatkan rekor saat Juventus bersua Sampdoria. Ia kini menyandang titel pemain Bianconeri dengan penampilan terbanyak di Serie A.

Buffon turun sebagai starter saat Juventus bertandang ke markas Sampdoria dalam lanjutan Liga Italia, Kamis (19/12/2019) dini hari WIB. Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Luigi Ferraris itu, Bianconeri menang 2-1.

Laga menghadapi Sampdoria tersebut membuat Buffon kini telah mengoleksi 647 penampilan di Liga Italia sepanjang kariernya. Kiper berusia 41 tahun itu kini bersanding dengan Paolo Maldini sebagai pemain yang paling banyak bermain di Serie A.

Meski demikian, Buffon berpeluang menjauh dari rekor legenda AC Milan tersebut. Hal itu karena Liga Italia saat ini baru berjalan separuh musim.


Tidak hanya menyamai Maldini, di laga tersebut Buffon juga menciptakan rekor sebagai pemain Juventus dengan jumlah penampilan terbanyak di liga, yakni 479 pertandingan. Ia mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang Alessandro Del Piero dengan 478 laga.

Buffon pertama kali menjalani debut di Liga Italia pada usia 17 tahun bersama Parma tahun 1995. Ia lalu bergabung ke Juventus pada 2001 dan menghabiskan 17 tahun bersama Bianconeri, sebelum berlabuh ke Paris Saint-Germain di 2018.

Kiper pemenang Piala Dunia 2006 itu hanya bertahan satu musim di Paris dan kembali lagi ke Turin di awal musim 2019/2020. Total, ia telah bermain sebanyak 909 pertandingan di level klub sampai saat ini dan mencatatkan 407 clean sheet sepanjang kariernya.



Simak Video "Sambangi Markas Sampdoria, Juve Menang 2-0"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/din)