AS Roma Membuka Tahun dengan Kekalahan 0-2 dari Torino

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Senin, 06 Jan 2020 04:56 WIB
AS Roma ditumbangkan Torino di Olimpico. (Foto: Paolo Bruno/Getty Images)
Jakarta - AS Roma memulai tahun 2020 dengan negatif di Olimpico. Menjamu Torino, Giallorossi takluk 0-2 usai dibobol dua kali oleh Andrea Belotti.

Menghadapi Torino di Olimpico pada laga pekan ke-18 Liga Italia, Senin (6/1/2020) dini hari WIB, Roma tampil dominan dalam penguasaan bola. Namun tuan rumah kurang efisien dalam memanfaatkan peluang-peluang yang ada.

Sementara Torino bermain lebih efektif. Belotti membawa Il Toro memimpin di penghujung babak pertama lewat kejelian melihat celah. Ia menggandakan keunggulan di menit ke-86 dari titik penalti, yang didapatkan dari handball Chris Smalling.

Opta mencatat Roma punya 30 tembakan, tujuh di antaranya on target, tanpa mendapatkan satupun gol. Sementara Torino mencatatkan 12 percobaan, separuhnya mengarah ke gawang, memetik dua gol.

Dengan kekalahan ini, Roma masih tertahan di posisi empat klasemen Liga Italia dengan 35 poin. Mereka tertinggal empat poin dari Lazio yang baru bermain 17 kali. Sementara Torino naik ke urutan sembilan dengan 24 poin.


Jalannya Pertandingan

Belum tiga menit laga berjalan, Roma sudah menebar ancaman. Sepakan Nicolo Zaniolo membentur pemain dan susah payah dihalau oleh Salvatore Sirigu.

Zaniolo lalu mengirim umpan ke Edin Dzeko yang terbebas, tapi penyerang asal Bosnia dan Herzegovina itu malah terpeleset.

Respons dari Torino tak kalah berbahaya di menit kedelapan. Andrea Belotti lolos dari jebakan offside dan mengarahkan sepakan yang ditepis Pau Lopez lalu membentur tiang. Sementara sundulan Lorenzo de Silvestri menyusul situasi ini terlalu mudah untuk diamankan.

Percobaan Aleksandar Kolarov dari luar kotak penalti pada menit ke-14 masih melebar. Upaya lainnya dari tendangan bebas dua menit kemudian ditepis Sirigu.

Torino membuang kesempatan bagus di menit ke-31, ketika Sasa Lukic mendapatkan bola di depan gawang. Namun sundulannya malah melambung.

Dzeko terjatuh di kotak penalti di bawah tekanan Nicolas Nkoulou, tapi tak sempat diselidiki Video Assistant Referee (VAR) karena dinyatakan offside. Padahal ia memulai tusukan dari paruh lapangan Roma.

Percobaan dari Lorenzo Pellegrini di menit ke-39 masih mampu ditepis Sirigu. Kolarov hendak menyambarnya, tapi sudah dalam posisi offside.

Di masa injury time babak pertama, Roma kecolongan. Belotti menerima bola di sisi kiri dan melepaskan tembakan keras yang tak mampu diantisipasi Lopez. Babak pertama tuntas untuk keunggulan tim tamu.

[Gambas:Opta]

Tiga menit babak kedua berjalan, Torino mengancam Roma. Belotti menerima umpan dari Alex Berenguer dan mengarahkan tendangan yang dihalau Lopez.

Roma membalas melalui sundulan Dzeko menyambut tendangan bebas. Masih melesat ke atas gawang.

Giliran Diego Perotti mendapatkan kesempatan. Ia mengakhiri tusukannya dari kiri dengan tembakan yang masih berakhir tipis saja di kiri gawang.

Eksekusi Pellegrini dari jarak dekat pada menit ke-65 masih melebar. Upaya kedua tiga menit berselang cuma menghasilkan korner saja.

Dua percobaan Dzeko di menit ke-73 dan 77 belum mengarah ke gawang. Yang pertama melambung dan yang kedua melesat tipis ke kiri.

Henrikh Mkhitaryan membuang kesempatan berharga di menit ke-79, saat ia menyambar umpan silang Dzeko di tengah kotak penalti. Sepakannya terlalu lemah sehingga mudah dibaca oleh Sirigu.

Torino mendapatkan penalti di menit ke-82, setelah wasit meninjau peluang Belotti yang membentur Chris Smalling. Smalling dinyatakan melakukan handball dan Belotti tanpa ampun menghabisi Lopez dari titik putih.

Roma melanjutkan tekanan dan sempat mendapatkan peluang di menit-menit akhir injury time, ketika sontekan Nikola Kalinic di depan gawang melebar. Peluang Dzeko tak lama berselang membentur pemain sehingga mudah diamankan kiper.

Tak ada gol yang didapatkan tuan rumah. Torino pulang dengan kemenangan 2-0.


Susunan pemain:

Roma: Pau Lopez; Florenzi, Mancini, Smalling, Kolarov; Veretout (Mkhitaryan 63'), Diawara; Zaniolo (Cengiz Under 87'), Pellegrini, Perotti (Nikola Kalinic 73'); Dzeko

Torino: Sirigu; Izzo, Nkoulou, Djidji; De Silvestri, Lukic, Rincon, Aina (Diego Laxalt 89'); Berenguer (Adopo 96'), Verdi (Meite 69'); Belotti

Simak Video "Prediksi Juventus VS AS Roma Bersama JCI Medan dan Indoroma"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/mrp)