sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 26 Jan 2020 12:51 WIB

Gila Betul, Atalanta!

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Atalanta baru saja berpesta gol ke gawang Torino dengan menang 7-0 (Valerio Pennicino/Getty Images)
Turin -

Atalanta membuktikan kalau sepakbola terbaik itu adalah menyerang. Pesta gol ke gawang Torino jadi bukti kedahsyatan lini serang La Dea. "Kalau bisa terus seperti ini," kata pelatih Gian Piero Gasperini.

Melawat ke kandang Torino di Olimpico Turin, Minggu (26/1/2020) dini hari WIB, Atalanta pamer ketajaman dengan mencetak tujuh gol tanpa balas. Josep Ilicic jadi bintang dengan torehan hat-trick disusul brace Luis Muriel, lalu satu gol dari Robin Gosens dan Duvan Zapata.

Kemenangan itu membuat Atalanta jadi topik pembicaraan akhir pekan ini. Padahal pesta gol seperti ini jamak dilakukan Atalanta di musim ini karena sebelumnya AC Milan, Parma, dan Udinese pernah jadi korban Atalanta.

Milan dan Parma sama-sama dibantai 0-5 oleh Atalanta, lalu Udinese dicukur habis 1-7. Ini menjadikan Atalanta sebagai tim terproduktif di Italia dengan 57 gol dan cuma kalah dari Manchester City yang punya 65 gol.



Tak ada pujian yang bisa dialamatkan selain kepada Gian Piero Gasperini selaku pelatih yang dikenal kerap bermain aktraktif. Penyuka formasi 3-4-3 atau 3-5-2 ini menjadikan Atalanta sebagai mesin gol berbahaya.

Sumber gol bukan cuma dari Ilicic atau Luis Muriel, tapi bek Robin Gosens bahkan jadi top scorer ketiga tim dengan delapan gol, sama dengan Duvan Zapata. Alejandro Gomez punya tujuh gol, disusul Mario Pasalic dengan enam gol.

Gasperini kehabisan kata-kata mendeskripsikan performa anak asuhnya saat ini. Dia cuma berharap Atalanta bisa tampil konsisten hingga akhir musim demi menembus empat besar dan lolos lagi ke Liga Champions.



"Jika tim bermain seperti ini terus, kami akan memuncaki klasemen! Sayangnya, kami kerap menurun performanya baik dari sisi mental maupun fisik. Dan situlah kami kehilangan poin," ujar Gasperini di Football-Italia.

"Andaikan kami tampil sangat bagus menghadapi tim-tim besar. Contohnya andaikan Luis Muriel bisa mengonversi penalti saat menghadapi Inter ketimbang hari ini, itu lebih baik," sambungnya.

Pekan depan Atalanta akan menghadapi Genoa yang kini menghuni dasar klasemen. Kira-kira bakal bikin berapa gol lagi?



Simak Video " AS Roma Tunjuk Gasperini Jadi Pelatih"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com