sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 10 Feb 2020 16:40 WIB

Dua Ronaldo yang Istimewa, Satu di Kepala Satu di Kaki

Afif Farhan - detikSport
Juventus Cristiano Ronaldo, top, scores his sides second goal during a Serie A soccer match between Sampdoria and Juventus, at Luigi Ferraris stadium in Genoa, Italy, Wednesday, Dec. 18, 2019. (Luca Zennaro/ANSA via AP) Dua Ronaldo yang Istimewa, Satu di Kepala Satu di Kaki (Luca Zennaro/ANSA via AP)
Jakarta -

Ronaldo dan Cristiano Ronaldo. Dua-duanya pemain hebat yang punya keistimewaan. Satu di kepala, satu di kaki.

Siapa yang tak kenal Cristiano Ronaldo? Pemain asal Portugal ini bisa disebut sebagai pesepakbola top saat ini. Punya banyak penghargaan individu seperti lima Ballon d'Or dan sudah memenangi banyak piala di klub-klub yang dibelanya yakni Manchester United, Real Madrid, dan Juventus.

Menilik ke belakang, siapa juga yang tak kenal dengan Ronaldo Luis Nazario de Lima alias Ronaldo? Pesepakbola asal Brasil yang terkenal dengan gocekan mautnya. Dirinya juga punya banyak prestasi dan memenangi banyak piala di Barcelona, Inter Milan, dan Real Madrid. Apalagi di timnas Brasil, sudah dua kali memenangi Piala Dunia.



Dilansir detikSport dari berbagai sumber, dua Ronaldo ini memang pantas disebut sebagai pesepakbola terbaik sepanjang masa. Menariknya, keduanya juga punya skill yang masing-masing istimewa.

Kita mulai dari Ronaldo dari Brasil. Tentu, generasi tahun 1990-an pasti ingat betapa ngerinya Ronaldo kalau mendapatkan bola. Dia akan berlari kencang, menggocek, meliak-liuk, dan menceploskan bola dengan mudah ke gawang.

Dilansir dari 90min, ada data yang menakjubkan. Ronaldo sepanjang karirnya mengemas 414 gol. Dari ratusan golnya itu, 88 gol dia ciptakan melalui aksi menggocek bola sampai melewati kiper!

Ronaldo Luis Nazario de LimaRonaldo Luis Nazario de Lima (Stu Forster /Allsport/Getty Images)



Artinya, 21 persentase gol yang Ronaldo ciptakan sepanjang karirnya adalah dengan aksi individu menggocek bola. Menggocek sampai melewati kiper dan tinggal berhadapan dengan gawang yang kosong.

Tidak banyak striker yang begitu menawan gocekannya seperti Ronaldo. Sayang, dirinya kerap kali dibekap cedera yang membuat harus pensiun di umur 35 tahun.

"Dia adalah striker terbaik di dunia yang pernah saya lihat. Ketika kita bicara tentang bakat dan keterampilan, tidak ada yang melebihi Ronaldo," kata Jose Mourinho kepada SportBible.



Sedangkan Cristiano Ronaldo, dirinya masih aktif bermain. Tahun 2020 ini, usianya sudah memasuki 35 tahun. Tapi dirinya masih fit dan diandalkan sebagai ujung tombak Juventus.

Kalau CR7, punya catatan yang juga spesial. Dia adalah pesepakbola dengan lompatan tertinggi!

Tentu yang paling diingat, adalah kala Juventus melawan Sampdoria pada tanggal 19 Desember 2019 kemarin. Bianconeri menang 2-1 oleh aksi sundulan spektakuler Cristiano Ronaldo.

Umpan silang dari Alex Sandro melambung tinggi, Cristiano Ronaldo melompat tinggi, sempat melayang di udara selama 1,5 detik. Sundulan CR7 mengarah ke pojok kanan atas gawang Sampdoria, gagal dihalau oleh kiper.

Ronaldo pun menjadi perbincangan, ada banyak analisa mengenai lompatannya. Sky Sports melansir data kalau Cristiano Ronaldo melompat 71 sentimeter dari permukaan tanah, lebih tinggi dari rata-rata pemain liga bola basket Amerika Serikat, NBA, yang ada di antara 60-70 sentimeter.

[Gambas:Instagram]



Secara keseluruhan, Cristiano Ronaldo melompat setinggi 2,56 meter. Catatan itu ditambahkan tinggi badannnya yang mencapai 1,87 meter.

Untuk pesepakbola, lompatan Cristiano Ronaldo begitu menakjubkan karena tak banyak yang bisa melakukannya. Dari 700 gol yang sudah dilesakkan sepanjang karirnya, ada 100 gol yang Cristiano Ronaldo bukukan dengan kepala.



Jadilah, dua Ronaldo ini begitu istimewa. Satu di kepala, satu di kaki.



Simak Video "2 Penalti Ronaldo Selamatkan Muka Si Nyonya Tua"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com