sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 07 Apr 2020 10:05 WIB

Tolak Pemotongan Gaji, Asosiasi Pemain Italia: Ini Memalukan!

Mohammad Resha Pratama - detikSport
TURIN, ITALY - MARCH 08:  Aaron James Ramsey (R) of Juventus competes with Ashley Young of FC Internazionale during the Serie A match between Juventus and  FC Internazionale at Allianz Stadium on March 8, 2020 in Turin, Italy.  (Photo by Valerio Pennicino/Getty Images ) Asosiasi Pemain Serie A menolak skema pemotongan gaji (Valerio Pennicino/Getty Images)
Roma -

Asosiasi Pemain Liga Italia (AIC) menolak keputusan Serie A melanggengkan pemotongan gaji pemain. Keputusan ini disebut memalukan dan tidak bisa diterima.

Menyusul pandemi corona, Serie A dan kompetisi lain di Eropa harus ditangguhkan sampai batas waktu tidak ditentukan. Alhasil, klub pun kehilangan pemasukan dalam jumlah besar sehingga harus mengetatkan keuangannya.

Salah satu cara adalah dengan memangkas gaji para pemain sehingga roda perekonomian terjaga. Baru kemarin Lega Serie A memutuskan untuk memberlakukan pemotongan gaji dengan dua skema.

Yang pertama, gaji para pemain akan dipotong sepertiganya jika Liga Italia tidak bisa lanjut atau setara empat bulan gaji. Yang kedua, jika kompetisi lanjut, maka gaji pemain dipotong 1/6 saja atau setara dua bulan.



Tak cuma pemain, staf pelatih dan juga pegawai klub mendapatkan pemotongan seperti ini. Dari 20 klub, hanya Juventus yang tidak ikut kesepakatan ini karena sudah melakukan pemotongan lebih dulu.

Hal ini lantas membuat Lega Serie A dikecam Asosiasi Pemain Serie A (AIC). AIC bahkan menolak keras karena kesepakatan ini merugikan pemain dan tidak memberikan win-win solution.

Alhasil dalam keterangan resminya, AIC yang beranggotakan pemain Serie A dan Serie B memutuskan untuk menolak proposal tersebut.

"Proposalnya memalukan dan tidak bisa diterima," semprot Wakil Presiden AIC, Umberto Calagno, seperti dikutip Football-Italia.

"Sudah jelas bahwa mereka ingin hanya pemain yang menanggung kerugian karena wabah ini," sambungnya.

"Satu-satunya hal yang masuk akal dari pernyataan resmi Liga Italia itu adalah saat menyebut tim akan bernegosiasi dengan setiap pemain terkait kontrak."



Simak Video "Penalti Lukaku Selamatkan Inter dari Kekalahan Lawan Roma"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com