Aturan 5 Pergantian Pemain Dinilai Bakal Untungkan Juventus

Putra Rusdi K - Sepakbola
Selasa, 21 Apr 2020 00:00 WIB
TURIN, ITALY - FEBRUARY 16:  Leonardo Bonucci of Juventus is replaced by his team-mate Giorgio Chiellini during the Serie A match between Juventus and Brescia Calcio at Allianz Stadium on February 16, 2020 in Turin, Italy.  (Photo by Emilio Andreoli/Getty Images)
Aturan lima pergantian pemain yang diwacanakan bakal diterapkan di Serie A dianggap akan untungkan Juventus (Foto: Getty Images/Emilio Andreoli)
Milan -

Penerapan lima pergantian pemain di Serie A dinilai menguntungkan Juventus dalam perburuan Scudetto. Ini karena kedalaman skuat mereka lebih baik dari Lazio.

Liga Italia sudah ditangguhkan lebih dari satu bulan sejak 9 Maret akibat pandemi Virus Corona. Hingga kini belum ada kejelasan kapan Serie A akan kembali digulirkan.

Meski begitu, beberapa solusi sudah diapungkan untuk Liga Italia musim ini bisa dituntaskan. Salah satunya dengan Serie A kembali digulirkan 31 Mei mendatang dengan jeda tiap pekan hanya tiga hari.

Ini dilakukan supaya musim ini bisa berakhir awal Juli. Jika wacana ini direalisasikan, Liga Italia dilaporkan akan menerapkan aturan lima pergantian pemain.

Hal ini dilakukan demi menjaga kebugaran para pemain. Mengingat, pertandingan juga bakal digelar saat musim panas dengan suhu di Italia bisa mencapai 30 derajat celcius.

Penerapan aturan lima pergantian ini menurut Legenda Inter Milan, Giuseppe Bergomi, bakal menguntungkan Juventus dalam perburuan Scudetto. Pasalnya, Si Nyonya Tua punya kedalaman skuat yang lebih baik dari saingan terdekat mereka Lazio.

Juventus dan Lazio kini hanya terpaut satu angka di klasemen. Bianconeri di puncak klasemen dengan 63 poin, sementara Elang Ibukota mengumpulkan 62 poin dari 26 laga yang telah kedua tim lakoni.

"Lazio menjalani musim ini dengan hebat. Ini karena (pelatih Simone) Inzaghi berhasil mengembalikan permainan tim dengan tiga perubahan. (Felipe) Caicedo dan dua sayap mereka adalah perubahan jitu yang membuahkan hasil," ujar Bergomi dikutip dari Football Italia.

"Dengan aturan lima pergantian, saya merasa ini adalah hukuman bagi mereka. Tim-tim yang mendapat keuntungan besar dari aturan ini adalah Juventus dan AS Roma. Mereka punya banyak pemain yang bisa dimainkan," jelasnya.



Simak Video "Prediksi Juventus vs AS Roma bersama JCI Palu dan IndoRoma"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/rin)