sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 03 Jun 2020 00:05 WIB

Chiellini Terguncang Ikuti Kasus Kematian George Floyd di AS

Randy Prasatya - detikSport
Soccer Football - Serie A - Juventus v Napoli - Allianz Stadium, Turin, Italy - August 31, 2019   Juventus Giorgio Chiellini looks on from the stand holding crutches and wearing protective knee wear    REUTERS/Massimo Pinca Giorgio Chiellini terpukul atas kematian George Floyd. (Foto: Massimo Pinca/Reuters)
Jakarta -

Kapten Juventus, Giorgio Chiellini, mengaku terpukul atas kematian yang menimpa George Floyd. Bek Italia itu kecewa kekerasan berindikasi rasialisme kembali terjadi.

Floyd mati karena dianiaya polisi di Amerika Serikat dalam proses penangkapan. Floyd, yang berkulit hitam, ditangkap dan lehernya diinjak polisi hingga tewas karena melakukan transaksi dengan uang palsu sebesar 20 USD.

Floyd sebetulnya sudah dalam keadaan tangan diborgol saat polisi menginjak leher. Pria 46 tahun itu juga sudah berteriak sulit bernapas dan berulang kali memanggil ibunya.

Keisha N. Blain, seorang profesor madya bidang sejarah di Universitas Pittsburgh menulis di Washington Post, yang menyebut bahwa kekerasan terhadap Floyd berselang dua bulan setelah kematian wanita kulit hitam bernama Breonna Taylor.

Chiellini ikut mengikuti kasus kematian Floyd yang membuat ribuan orang turun ke jalan menuntut keadilan. Chiellini kesulitan menjelaskan peristiwa tersebut kepada anaknya.

"Saya sudah melihat gambar kejadian dan melihatnya lagi. Saya perlu waktu untuk berpikir dan pulih dari guncangan sebesar ini," ujar Chiellini seperti dikutip dari Football Italia.

"Bagaimana saya bisa menjelaskan kepada anak saya apa yang terjadi? Saya harus berkata-kata apa kepada mereka? Yang jelas saya belum bisa menemukan jawabannya," sambungnya.

"Hanya satu pertanyaan, atas kehidupan yang diambil dari George Floyd: Mengapa? Bagaimana itu bisa terjadi? Mengapa sejarah berulang?"

"Saya sudah membaca tagar #BlackLivesMatter. Seharusnya tidak perlu menulis seperti itu karena semua kehidupan itu penting. Setiap manusia. Setiap anak, anak laki-laki, pria, wanita, dan orang di dunia," Chiellini menegaskan.



Simak Video "Taklukkan Genoa, Juventus Kokoh Berada di Puncak Klasemen Serie A"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com