sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 06 Jul 2020 20:48 WIB

Musa Juwara, dari Arungi Lautan hingga Jebol Gawang Inter

Bayu Baskoro - detikSport
Bolognas Gambian midfielder Musa Juwara smiles after winning the Italian Serie A football match between Inter Milan and Bologna played behind closed doors on July 5, 2020 at the Giuseppe-Meazza San Siro stadium in Milan. (Photo by MIGUEL MEDINA / AFP) Musa Juwara mencetak gol debut di Serie A ke gawang Inter Milan. (Foto: AFP/MIGUEL MEDINA)
Bologna -

Musa Juwara menjadi bintang kala Bologna mempermalukan Inter Milan di Liga Italia. Pemain asal Gambia itu rupanya memiliki kisah hidup yang luar biasa.

Juwara tampil sebagai pahlawan Bologna saat timnya bertemu Inter Milan di Giuseppe Meazza, Minggu (5/7/2020). Dia turun sebagai pemain pengganti pada menit ke-65, saat Bologna tertinggal 0-1 dan harus bermain dengan 10 pemain usai Roberto Soriano dikartu merah wasit pada menit ke-57.

Sembilan menit berada di lapangan, Juwara langsung mencetak gol penyeimbang kedudukan. Dia melepaskan tembakan first-time dari tepi kotak penalti yang gagal dibendung Samir Handanovic.

Kegesitan Juwara rupanya mampu membuat kerepotan barisan pertahanan Inter. Alessandro Bastoni, bek Nerazzurri, bahkan harus mendapatkan kartu kuning kedua usai menjegal laju pemain 18 tahun itu pada menit ke-77.

Bologna kemudian mencetak gol kedua melalui kaki Musa Barrow. I Rossoblu menutup pertandingan dengan skor 2-1.

Opta mencatat, Juwara 15 kali melakukan sentuhan bola dan memberikan tujuh operan selama berada di lapangan. Juwara juga melepaskan empat tembakan dengan tiga di antaranya on target.

[Gambas:Opta]

Seusai pertandingan, Juwara mendapat sanjungan dari beberapa pihak atas penampilannya tersebut. Tidak sedikit yang mencari tahu latar belakang pemain yang baru mencatatkan 5 penampilan liga bersama Bologna tersebut.

Usut punya usut, kisah hidup Juwara rupanya dilalui dengan perjuangan hebat. Melansir Daily Mail, dia pergi mengadu nasib dari Gambia pada umur 14 tahun menuju Italia mengarungi pantai barat Afrika menggunakan perahu.

Di Negeri Pizza, Juwara tinggal di wilayah Potenza yang terletak di selatan Napoli. Dia kemudian begabung dengan klub amatir bernama Virtus Avigliano, sebelum akhirnya bergabung dengan tim muda Chievo pada November 2017.


Dua tahun bersama Chievo, Juwara kemudian pindah ke Bologna. Pada awalnya dia diplot untuk mengisi skuat U-19, tetapi kemampuannya justru mengangkat dirinya ke skuat utama I Rossoblu di musim 2019/2020.

Juwara melakoni debut di Serie A pada 7 Februari 2020 saat Bologna menang 3-2 atas AS Roma. Golnya ke gawang Inter merupakan gol perdananya di Liga Italia.



Simak Video "Milan Bantai Bologna 5-1 di San Siro"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com