sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 22 Sep 2020 23:00 WIB

AS Roma Dinyatakan Kalah 0-3 Gegara Lupa Daftarkan Pemain

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
VERONA, ITALY - SEPTEMBER 19: Roger Ibanez of As Roma  competes for the ball with Miguel Veloso of Hellas Verona during the Serie A match between Hellas Verona FC and AS Roma at Stadio Marcantonio Bentegodi on September 19, 2020 in Verona, Italy. (Photo by Alessandro Sabattini/Getty Images) Laga Verona vs AS Roma tuntas 0-0. Tapi Liga Italia menyatakan Roma kalah 0-3 karena urusan administrasi. (Foto: Getty Images/Alessandro Sabattini)
Jakarta -

AS Roma akhirnya dinyatakan kalah 0-3 dari Verona pada laga perdananya di Liga Italia 2020/2021. Roma dianggap bersalah menurunkan pemain tak terdaftar.

Laga Verona vs AS Roma di Marc Antonio Bentegodi, Minggu (20/9/2020) dini hari WIB sebenarnya berakhir dengan skor imbang 0-0. Kendati tampil dominan, I Lupi yang bermain tanpa penyerang andalan, Edin Dzeko, gagal memaksimalkannya.

Sudah hanya mendapatkan satu poin di partai pertama, Roma pada prosesnya malah kena kasus. Usai pertandingan, beredar kabar bahwa klub Ibu Kota Italia itu terancam dinyatakan kalah dan kehilangan satu poin yang diraih.

Masalahnya cukup konyol, well, untuk sekelas klub top Eropa yang bisa dianggap dijalankan dengan sangat profesional. Roma memainkan pemain yang tak terdaftar.

Kok, bisa?

Pemain tersebut adalah Amadou Diawara, yang direkrut dari Napoli pada musim panas tahun lalu. Ia turun sebagai starter dan digantikan Gonzalo Villar di menit ke-89. Diawara musim lalu masuk kategori pemain U-22 karena usianya memang masih memungkinkan.

Pemain yang berada dalam kategori ini (U-22), tidak perlu dimasukkan daftar pemain senior yang kemudian harus diserahkan ke liga untuk bisa bertanding. Nah, pada 17 Juli lalu, Diawara berulang tahun ke-23 sehingga otomatis keluar dari kategori pemain U-22.

Sialnya, Roma luput memasukkannya ke daftar pemain senior untuk diserahkan ke liga jelang partai kontra Verona. Bahkan setelah pihak Lega Serie A memberi tahu kesalahan tersebut, Roma cuma berdalih itu adalah kesalahan teknis semata.

Mereka bahkan percaya tak semestinya hal itu berpengaruh besar, karena masih ada empat slot tersedia di daftar pemain senior yang bisa dipakai Diawara kapan saja. Tapi apapun itu, Serie A menyatakan bahwa tindakan Roma salah.

Lewat pernyataan resminya, operator Liga Italia itu mengumumkan kalau Roma dinyatakan kalah 0-3 dari Verona. Memainkan Diawara dianggap sebagai tindakan menurunkan pemain ilegal.

Roma pun kini turun ke posisi 19 klasemen Liga Italia. Sementara Verona naik ke urutan dua dengan tiga poin dan tiga gol.



Simak Video "Liga Italia: AS Roma Menang Telak 5-2 Atas Benevento"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com