Cristiano Ronaldo Main Sampai Umur 40 Tahun? Bisa Banget!

Bayu Baskoro - Sepakbola
Sabtu, 06 Feb 2021 12:35 WIB
REGGIO NELLEMILIA, ITALY - JANUARY 20: Cristiano Ronaldo of Juventus reacts during the Italian PS5 Supercup match between Juventus and SSC Napoli at Mapei Stadium - Citta del Tricolore on January 20, 2021 in Reggio nellEmilia, Italy. Sporting stadiums around Italy remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Claudio Villa/Getty Images)
Cristiano Ronaldo diyakini bisa bermain hingga usia 40 tahun. (Foto: Getty Images/Claudio Villa)
Turin -

Cristiano Ronaldo belum menunjukkan penurunan performa di usia kepala tiga. Bintang Juventus itu diyakini bisa tampil prima hingga usia 40 tahun.

Ronaldo baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke-36, Jumat (5/2/2021). Meski sudah tak lagi terhitung belia, bintang asal Portugal itu tetap menjadi salah satu pemain terbaik di dunia saat ini dan belum berhenti mencetak gol.

Sejak bergabung ke Juventus pada 2018, Ronaldo sudah membukukan 87 gol dari 112 penampilan. Pada paruh musim ini saja, dia masih bercokol di daftar teratas top scorer Liga Italia dengan 15 gol.

Konsistensi Cristiano Ronaldo di lapangan membuat tidak sedikit pihak menilai dirinya bakal terus berkarier hingga usia kepala empat. Salah satu yang berpendapat demikian yakni mantan pelatih kebugarannya, Giovanni Mauri.

Di mata Mauri, Ronaldo memiliki kondisi fisik di atas rata-rata. Mantan bintang Real Madrid dan Manchester United itu diakuinya bisa mengikuti jejak Zlatan Ibrahimovic yang masih bisa kompetitif di umur 40 tahun.

"Ketika dia tiba di Italia, saya menyebut dirinya sebagai pemain di luar kebiasaan. Dia menetap di sana dan terus-terusan mencetak gol," kata Mauri, dikutip dari Daily Star.

"Dia mengikuti metode yang kami berikan di Madrid ketika istirahat menjadi bagian fundamental dari latihan. Istirahat tidak hanya tidur saja, tapi juga kegiatan yang tidak pasif dan dibuat dari pelatihan khusus guna mencapai kesehatan otot, mental dan artikular," Mauri menambahkan.

"Saya sudah pernah bekerja dengan para pesepakbola yang berumur 40 tahunan, mulai dari [Paolo] Maldini hingga [Alessandro] Costacurta. Ketika saya di PSG, saya yakin kalau [Zlatan] Ibrahimovic bakal bermain hingga umur 40 tahun,".

"Mereka semua adalah atlet dengan kelenturan yang menakjubkan di luar kekuatan mereka. Ibra memiliki mobilitas seperti penari, meskipun beratnya mencapai hampir 100 kg. Cristiano Ronaldo masuk ke dalam kategori itu dan dia bisa bermain sampai 40-an tahun," ujarnya.

(bay/krs)