Temanku Kini Jadi Pelatihku, Cerita Buffon soal 'Mister' Pirlo

Putra Rusdi K - Sepakbola
Rabu, 03 Mar 2021 20:15 WIB
FLORENCE, ITALY - SEPTEMBER 02:  Andrea Pirlo (L) and Gianluigi Buffon during an Italy training session at Coverciano on September 02, 2015 in Florence, Italy.  (Photo by Claudio Villa/Getty Images)
Gianluigi Buffon menceritakan pengalamannya dilatih oleh Andrea Pirlo (Foto: Getty Images/Claudio Villa)
Turin -

Gianluigi Buffon bercerita soal pengalaman dilatih sahabatnya Andrea Pirlo. Tak ada keistimewaan yang ia dapat karena keduanya menghargai peran masing-masing.

Awal musim ini Juventus menunjuk Andrea Pirlo untuk menjadi pelatih mengisi kursi yang ditinggalkan Maurizio Sarri. Kedatangan Pirlo ini membuat Buffon bisa bereuni dengan mantan rekannya di Bianconeri dan timnas Italia tersebut.

Kiper 43 tahun ini begitu senang bisa kembali bekerja sama dengan Pirlo. Ia menyebut Pirlo lebih dari sekadar sahabat untuknya.

Pasalnya, mereka telah bermain bersama sejak di level junior timnas Italia pada usia 15 tahun. Keduanya dengan Gennaro Gattuso tumbuh bersama hingga membela timnas senior Italia. Puncaknya, mereka berhasil membawa Gli Azzurri menjuarai Piala Dunia 2006.

"Persahabatanku dengan Pirlo sudah berlangsung lama. Aku, dia, dan (Gennaro) Gattuso saling kenal sejak 1993," ujar Buffon dikutip dari Guardian.

"Ketika Anda berbagi kemampuan dan keberuntungan untuk memenangkan Piala Dunia, aku yakin hubungan kami telah terpatri. Ini bukanlah sekadar persahabatan. Itu memberi kami sebuah pemahaman bersama yang sulit digoyahkan."

Namun di Juventus musim ini, hubungan Buffon dan Pirlo jelas sedikit berbeda. Buffon kini harus menaruh hormat lebih kepada Pirlo karena sahabatnya tersebut kini adalah 'atasannya'.

Maka dari itu, kiper 43 tahun ini sempat berkicau di twitter-nya "Jadi, apa aku harus memanggilmu Mister sekarang!?!?!" dengan menggunggah fotonya dengan Pirlo. Itu dilakukannya saat sesuai Pirlo ditunjuk jadi pelatih Juventus awal musim ini.


Hal tersebut bukan sekadar candaan karena Buffon mengungkapkan memang memanggil Pirlo dengan mister selama menjalani tugas di Juventus musim ini. Buffon mengatakan keduanya saling menghormati peran masing-masing di Si Nyonya Tua saat ini.

"Di depan orang lain, dia akan selalu menjadi 'Mister'. Ini masalah peran, masalah rasa hormat, masalah kecerdasan," jelas Buffon.

"Selama kami di sini, dia memiliki satu peran dan saya memiliki peran lainnya. Saat kita meninggalkan tempat ini atau pergi bersama, maka kita bisa menjadi Gigi dan Andrea."

Pirlo memang sama sekali tak mengistimewakan Buffon meski Mantan kiper Parma ini adalah sahabatnya. Buffon tetap menjadi kiper kedua Juventus setelah Wojciech Szczesny. Buffon musim ini tampil 10 kali di semua ajang dengan mencatatkan enam cleansheet.

(pur/cas)