Hore! Fans Liga Italia akan Diizinkan Kembali ke Stadion

Bayu Baskoro - Sepakbola
Sabtu, 17 Apr 2021 13:00 WIB
VERONA, ITALY - OCTOBER 05:  Players of Hellas Veroan and UC Sampdoria line up with the logo celebrating the 90th annyversary of the Serie A  during the Serie A match between Hellas Verona and UC Sampdoria at Stadio Marcantonio Bentegodi on October 5, 2019 in Verona, Italy.  (Photo by Alessandro Sabattini/Getty Images)
Para fans Liga Italia diizinkan kembali ke stadion mulai 1 Mei 2021. (Foto: Alessandro Sabattini/Getty Images)
Roma -

Liga Italia mendapat lampu hijau untuk menggelar pertandingan dengan kehadiran penonton. Stadion-stadion mulai dibuka untuk penggemar per 1 Mei 2021.

Pandemi virus Corona yang menjalar sejak awal tahun 2020 berdampak besar dalam industri sepakbola Eropa. Para penggemar dilarang menyaksikan langsung pertandingan di stadion, guna mencegah penyebaran virus.

Italia menjadi salah satu negara yang menerapkan aturan pelarangan penonton datang ke stadion. Beberapa penggawa klub Serie A bahkan terjangkit penyakit mematikan tersebut, hingga harus diisolasi mandiri.

Setelah satu tahun berjibaku menghadapi pandemi COVID-19, kabar gembira menghampiri publik Italia. Para tifosi Serie A bakal bisa datang lagi ke stadion menyaksikan pertandingan dalam waktu dekat.

Melansir La Gazzetta dello Sport, pemerintah Italia mengizinkan stadion dibuka kembali mulai tanggal 1 Mei 2021. Aturan ini bakal disetujui Dewan Menteri pada Kamis (22/4/2021).

Kendati demikian, ada beberapa batasan yang perlu dipatuhi terkait aturan ini. Stadion yang dibuka berlaku hanya untuk wilayah-wilayah zona kuning pandemi virus Corona.

Tidak hanya itu, para penggemar yang datang juga dibatasi kehadirannya. Maksimal jumlah fans yang diizinkan hadir ke stadion mencapai 1.000 penonton saja.

Lampu hijau kedatangan fans di stadion tidak hanya berlaku untuk kompetisi Liga Italia saja. Pemerintah Italia turut memperbolehkan kehadiran 500 penggemar pada acara-acara olahraga di dalam ruangan (indoor).

Pemerintah Italia sebelumnya juga memberikan izin untuk kehadiran penonton pada ajang Piala Eropa 2020 bulan Juni mendatang. Para penggemar dibatasi sebanyak 25 persen dari kapasitas stadion.

Surat izin dari pemerintah Italia tersebut sudah dikirimkan ke Federasi Sepakbola Italia (FIGC). Nantinya, surat itu akan diserahkan ke UEFA selaku otoritas tertinggi sepakbola Eropa.



Simak Video "Sambangi Markas Sampdoria, Juve Menang 2-0"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/rin)