Inter Akhirnya Raih Scudetto, Conte Jadi Pembeda

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Kamis, 06 Mei 2021 17:53 WIB
Inter Milans head coach Antonio Conte and players celebrate after Matteo Darmian scored during the Serie A soccer match between Inter Milan and Hellas Verona, at the San Siro stadium in Milan, Italy, Sunday, April 25, 2021. (AP Photo/Antonio Calanni)
Antonio Conte sukses mengantar Inter Milan meraih scudetto pada musim ini (Foto: AP/Antonio Calanni)
Milan -

Inter Milan mengakhiri penantian selama 11 tahun dengan menjuarai Liga Italia musim ini. Antonio Conte disebut jadi faktor pembeda.

Inter dipastikan mengunci scudetto setelah Atalanta cuma bermain imbang 1-1 melawan Sassuolo di pekan ke-34 pada minggu (2/5/2021) malam WIB lalu. Nerazzurri yang sudah mengumpulkan 82 poin dari 34 laga tak mungkin lagi dikejar rival-rivalnya.

Dengan keberhasilan ini, Inter mengakhiri puasa gelar juara Liga Italia yang sudah berlangsung 11 tahun. Kali terakhir mereka meraih scudetto adalah pada musim 2009/2010.

Inter sukses meraih scudetto pada tahun kedua Antonio Conte di Giuseppe Meazza. Pada musim perdananya, eks pelatih Juventus itu membawa Inter finis runner-up di Liga Italia dan ke final Liga Europa.

"Ini cuma awal. Perjalanan yang sulit, karena tidak pernah mudah ketika Anda ganti kepemilikan tiga kali dalam satu dekade. Saya menantang semuanya untuk dapat hasil dalam jangka waktu yang pendek," ujar Direktur Inter Piero Ausilio kepada Sky Sport Italia seperti dilansir Football Italia.

"Selama periode Suning, untungnya kami menemukan stabilitas. Saya tidak pernah mengatakannya, tapi saya merasa cocok tahun lalu ketika ada perasaan yang tepat dan sesuatu yang spesial terjadi."

"Kami finis runner up musim lalu, memotong jarak dengan Juventus jadi satu poin, dan main di final Liga Europa."

Ausilio menyebut era Luciano Spalletti pada 2017-2019 sebagai titik balik Inter Milan. Namun, Antonio Conte lah yang kemudian jadi pembeda dan menuntaskan misi.

"Kami memulai perjalanan dengan Spalletti, karena nasib Inter berubah ketika gol Matias Vecino mengalahkan Lazio dan kami kembali ke Liga Champions," kata Ausilio.

"Lalu Conte tiba dan dia melakukan segalanya secara ekstrem. Saya kira ada banyak sisi dalam perjalanan menuju gelar juara, tapi Conte membuat perbedaan dan untungnya kami punya dia," ucapnya soal kinerja Antonio Conte di Inter Milan.

(nds/aff)