Schick Bersinar di Euro 2020, Kok Dulu Memble di Roma?

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Rabu, 23 Jun 2021 00:00 WIB
Czech Republics Patrik Schick touches his nose during the Euro 2020 soccer championship group D match between Croatia and the Czech Republic at the Hampden Park stadium in Glasgow, Friday, June 18, 2021. (Robert Perry, Pool via AP)
Patrik Schick tampil oke bersama Republik Ceko di Euro 2020 (Foto: AP/Robert Perry)
Jakarta -

Patrik Schick jadi salah satu pemain yang bersinar bersama Republik Ceko di Euro 2020. Performa itu tak tampak saat dia masih berseragam AS Roma.

Schick sejauh ini sudah mencetak tiga gol untuk Republik Ceko di Piala Eropa 2020. Dia memimpin daftar top skor bersama nama-nama top seperti Romelu Lukaku dan Cristiano Ronaldo.

Performa Schick yang tokcer bersama Republik Ceko bertolak belakang dengan penampilannya bersama Roma. Dia tak memenuhi ekspektasi setelah didatangkan dari Sampdoria pada musim panas 2017.

Schick gabung Roma saat masih berusia 21 tahun. Dia kemudian hanya mencetak delapan gol dalam 58 kali penampilan bersama Giallorossi sebelum akhirnya dipinjamkan ke RB Leipzig pada 2019.

Soccer Football - Champions League Round of 16 Second Leg - AS Roma vs Shakhtar Donetsk - Stadio Olimpico, Rome, Italy - March 13, 2018   Roma's Patrik Schick warms up before the match    REUTERS/Alessandro BianchiPatrik Schick pernah memperkuat AS Roma pada 2017-2019 (Foto: Alessandro Bianchi/Reuters)

Soal performanya yang tak mengilap bersama Roma, Patrik Schick mengaku dirinya kala itu tidak sepenuhnya siap memikul tanggung jawab sebagai penyerang di klub besar.

"Terus terang, saya tidak 100 persen siap waktu itu, saya agak terlalu muda untuk pertandingan-pertandingan besar Serie A," ujar Schick seperti dilansir Football Italia.

"Saya melewati musim pertama yang luar biasa di Sampdoria, tapi ketika Anda gabung klub top seperti Roma, Anda menghadapi kesulitan lebih dan saat itu saya tidak sanggup untuk tanggung jawab itu," kata pemain yang kini memperkuat Bayer Leverkusen itu.

Salah satu gol Schick yang jadi pembicaraan di Euro 2020 adalah gol yang dia buat ke gawang Skotlandia. Penyerang berusia 25 tahun itu menjebol gawang Skotlandia dari jarak 45 meter.

"Itu adalah gol yang bagus, saya sudah menyiapkannya di babak pertama, karena saya melihat kiper sudah keluar dari posisinya. Yang penting adalah tim menang," kata Schick.

Patrik Schick bersama Republik Ceko selanjutnya akan menghadapi Inggris di laga ketiga Grup D Euro 2020 di Stadion Wembley, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB.

Simak rangkuman keseruan Euro 2020/2021 di sini.

(nds/ran)