Prediksi Nasib Pelatih Serie A Musim Depan: Mourinho Dipecat Pertama

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 20 Jul 2021 09:00 WIB
Jose Mourinho
Jose Mourinho dikontrak tiga musim oleh AS Roma. Foto: Dok. AS Roma
Jakarta -

Jose Mourinho, Maurizio Sarri, dan Simone Inzaghi masuk daftar prediksi pelatih Serie A yang akan dipecat duluan musim depan. Target tinggi yang disematkan kepada ketiganya menjadi alasannya.

Prediksi itu dibuat Delio Rossi, pelatih senior yang pernah malang melintang menangani Lazio, Fiorentina, Sampdoria, Atalanta, hingga Bologna. Alasannya, tugas ketiga pelatih tersebut tidaklah mudah, apalagi berstatus allenatore baru di klub masing-masing.

Mourinho, setelah 11 tahun, kembali ke Italia dan melatih AS Roma. Sementara Inzaghi menyeberang, dari Lazio ke Inter Milan. Sedangkan Sarri mengisi kekosongan yang ditinggalkan Inzaghi.

Simone InzaghiSimone Inzaghi (tengah) saat melatih Inter. Foto: Dok. Inter Milan

Roma di bawah kepemilikan baru, yakni Friedkin Group, jelas ingin memperbaiki sejarah dengan meraih kejayaan di lapangan hijau, dan itulah alasan Mourinho dibayar mahal.

Sementara itu, Inzaghi punya tugas mempertahankan scudetto yang diraih Inter musim lalu bersama Antonio Conte. Lazio mengontrak Sarri juga dengan tekad setidaknya kembali ke Liga Champions musim depan.

"Mourinho, itu jelas, karena saya tahu rasanya bekerja di kota Roma," ujar Rossi kepada TMW Radio, saat ditanya siapa yang akan dipecat pertama musim depan.

Maurizio SarriMaurizio Sarri (tengah) saat memberi instruksi kepada para pemain Lazio. Foto: Dok. Lazio

"Saya juga akan bilang Inzaghi, karena tugasnya di Inter juga tak akan mudah. Dia mengambil alih skuad yang memenangi scudetto, dan dibandingkan pendahulunya (Antonio Conte), dia setidaknya perlu memenangi sesuatu," lanjutnya.

Sementara mengenai Sarri, tantangan eks pelatih Chelsea dan Juventus itu adalah perubahan taktik mendasar yang ia bawa ke dalam Lazio. Saat Inzaghi terbiasa memainkan 3-5-2, Sarri lebih menyukai pakem 4-3-3.

"Situasinya tak akan mudah, karena saya tahu metode Sarri seperti apa, dan dia perlu waktu untuk menjadi guru taktik. Parahnya lagi, para pemain yang ia tangani selama pramusim mungkin akan dilepas, jadi tak banyak waktu baginya untuk melatih tim," jelas Delio Rossi, yang pernah memenangi Coppa Italia bersama Lazio.

(adp/pur)