Andai Gol Ronaldo di Laga Terakhir Bareng Juventus Tak Dianulir

Randy Prasatya - Sepakbola
Selasa, 21 Sep 2021 05:01 WIB
Jakarta -

Juventus sedang terpuruk di zona degradasi Liga Italia. Situasi tersebut bisa beda andai gol Cristiano Ronaldo di laga terakhir bersama Juventus tak dianulir.

Ronaldo telah pergi meninggalkan Juventus menuju Manchester United pada akhir Agustus 2021. Striker berusia 36 tahun itu sempat tampil sebagai pemain pengganti saat Juventus melawan Udinese pada pekan pertama Liga Italia 2021/2022.

Ronaldo sempat mencetak gol di injury time lewat sundulan. VAR kemudian menganulir gol tersebut karena bagian lengan Ronaldo dinyatakan dalam posisi offside.

Juventus pada akhirnya harus puas bermain imbang 2-2 setelah sempat unggul 2-0. Ronaldo setelah itu tak pernah lagi bermain untuk Juventus.

Si Nyonya Tua kian terpuruk selepas kepergian Ronaldo. Juventus kalah 0-1 dari Empoli, tumbang 1-2 melawan Napoli, dan cuma bisa imbang 1-1 melawan AC Milan gegara kebobolan lewat gol yang seharusnya bisa diantisipasi dengan baik.

Juventus kini masuk zona degradasi setelah duduk di urutan ke-18 dengan dua poin. Ini adalah start terburuk Juventus dalam 60 tahun terakhir.

Bek Juventus, Danilo, menyebut bahwa Juventus sedang bermasalah terkait mental. Kehilangan Ronaldo selaku mesin gol Juventus dalam tiga musim terakhir mungkin salah satu faktor.

Jika bisa menang di laga pembuka melawan Udinese, Juventus mungkin tidak seburuk saat ini meski Ronaldo tetap bakal pergi. Kemenangan atas Udinese setidaknya bisa menghindari para pemain Juventus dalam situasi tertekan dan percaya diri mampu menang tanpa Ronaldo.

Mantan pemain Juventus, Fabrizio Ravanelli, menyebut saat ini situasi seperti gelas setengah penuh. Artinya, rajanya Liga Italia itu masih punya rasa optimis untuk segara bangkit.

"Jika kami menganalisis performa kemarin, gelasnya setengah penuh. Seperti yang saya katakan, tim berkembang dan melawan Milan cuma kebobolan satu gol karena kesalahan tendangan bebas (Manuel) Locatelli. Itu bisa terjadi," kata Ravanelli seperti dikutip dari Tuttomercatoweb.

Juventus selanjutnya melawan Spezia, Rabu (22/9/2021) malam WIB. Ini bukan laga mudah, mengingat Spezia pada akhir pekan lalu baru meraih kemenangan.

(ran/adp)