Napoli Puncaki Klasemen Liga Italia, Spalletti Ogah Berandai-andai

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 24 Sep 2021 07:35 WIB
GENOA, ITALY - SEPTEMBER 23: Luciano Spalletti head coach of Napoli reacts during the Serie A match between UC Sampdoria and SSC Napoli at Stadio Luigi Ferraris on September 23, 2021 in Genoa, Italy. (Photo by Getty Images)
Spalletti membawa timnya belum terkalahkan sejauh ini. Foto: Getty Images/Getty Images
Genoa -

Napoli memuncaki klasemen sementara Serie A musim ini dengan status belum terkalahkan. Pelatih Luciano Spalletti memilih tetap tenang, sebab hasil sejauh ini belum berarti apa-apa.

Napoli baru saja menghajar Sampdoria 4-0 di Genoa, Kamis (23/9/2021). Hasil itu membuat mereka telah meraih 5 kemenangan beruntun di Liga Italia, mengoleksi 15 poin dan unggul dua angka dari Inter Milan dan AC Milan.

Di Liga Europa, Victor Osimhen dkk juga belum menerima kekalahan, setelah bermain imbang 2-2 melawan Leicester di matchday pertama. Capaian sejauh ini membuat kinerja Spalletti dipuji, sebab ia baru saja datang pada musim panas lalu, menggantikan Gennaro Gattuso.

Suara-suara optimisme kepada Napoli pun mulai muncul. Jika Gattuso 'cuma' bisa memberi gelar Coppa Italia, mungkin saja Spalletti bisa memberi lebih dari itu. Namun allenatore berkepala plontos itu tak mau terlena dengan kondisi saat ini.

"Hasil hari ini bagus, tapi Sampdoria menyulitkan kami di babak pertama, Kami pantas mendapat pujian hari ini karena bisa bertahan di situasi itu, melawan, dan menyelesaikan peluang dengan baik," kata Spalletti kepada DAZN seusai laga.

"(David) Ospina tampil baik di babak pertama, ketika Sampdoria menekan kami sejak awal, tapi itu memberi celah di barisan belakang mereka, dan situasi itu menguntungkan Osimhen. Ketika laga tak berjalan baik, kemampuan individual harus dicoba, dan itulah yang kami lakukan."

"Kami cuma tim bola biasa, kami menikmati dukungan luar biasa yang diberikan kota ini kepada klub. Kami harus tetap tenang, karena untuk lolos ke Liga Champions biasanya butuh 80-85 poin, yang artinya kami masih kurang 72 poin lagi."

"Melihat dari sisi tersebut, perjalanan kami masih panjang dan masih banyak tim yang bisa mengejar," jelas Spalletti soal capaian Napoli sejauh ini.

Selanjutnya, Napoli akan menjamu Cagliari di Stadion Diego Armando Maradona, Senin (27/9) dini hari WIB.

(adp/rin)