Romanisti Ejek Ibrahimovic 'Gipsi', Mourinho Membela

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 07 Jan 2022 15:21 WIB
AC Milans Zlatan Ibrahimovic during the Serie A soccer match between AC Milan and Roma at the San Siro stadium, in Milan, Italy, Thursday, Jan. 6, 2022. (AP Photo/Antonio Calanni)
Zlatan Ibrahimovic jadi sasaran ejek fans AS Roma (AP/Antonio Calanni)
Milan -

Kekalahan AS Roma dari AC Milan diwarnai ejekan berbau pelecahan rasial kepada Zlatan Ibrahimovic. Jose Mourinho pun langsung mencegah aksi fans I Lupi itu.

Roma melawat ke San Siro, Jumat (7/1/2022) dini hari WIB, pada laga perdana Serie A di 2022. Butuh tiga poin untuk bisa mendekatkan diri ke empat besar karena mereka berselisih enam poin dari Atalanta.

Sayangnya, Roma sudah kebobolan dua gol duluan dalam tempo kurang dari 20 menit lewat penalti Olivier Giroud dan Junior Messias. Roma sempat memangkas skor lewat Tammy Abraham di menit ke-40.

Tapi, gol Rafael Leao di menit ke-82 memastikan tiga poin untuk Milan lewat kemenangan 3-1. Kemenangan ini mengukuhkan posisi Milan di urutan kedua klasemen dengan 45 poin, selisih satu angka dari Inter Milan di puncak klasemen.

Sementara Roma pun tertahan di posisi ketujuh dengan 32 poin dan makin sulit masuk ke empat besar. Kekalahan ini makin terasa menyedihkan karena aksi memalukan yang dilakukan fansnya.

Itu terjadi semenit sebelum gol Leao terjadi karena umpan Zlatan Ibrahimovic. Ibrahimovic memang baru dimainkan di menit ke-77 menggantikan Olivier Giroud.

Tapi, fans Roma lantas menyanyikan chant yang mengejek Ibrahimovic sebagai gipsi. Gipsi atau biasa disebut Orang Rom kerap berpindah-pindah karena mereka selalu mendapat diskriminasi dari masyarakat lokal.

Biasanya orang Gipsi itu selalu mendapat stigma negatif dari orang-orang kelas atas Eropa. Ibrahimovic sendiri padahal tidak punya darah gipsi karena kedua orang tuanya berasal Bosnia dan Kroasia, yang berpindah ke Swedia karena konflik di daerah Balkan.

Mourinho yang mendengar chant rasis Romanisti itu langsung menuju tribune tandang dan meminta mereka berhenti mengejek Zlatan Ibrahimovic. Setelah itu fans Roma langsung menuruti permintaan Mourinho.

Jose Mourinho memang mantap! Demikian dikutip DAZN.

(mrp/aff)