Chiesa Cedera ACL, Juventus Segera Cari Penyerang Baru

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 11 Jan 2022 13:40 WIB
Medical staff helps the injured Juventus Federico Chiesa during the Italian Serie A soccer match between Roma and Juventus at the Olympic stadium in Rome, Italy, Sunday, Jan. 9, 2022. (AP Photo/Alessandra Tarantino)
Chiesa menderita cedera ACL saat melawan AS Roma. Foto: AP/Alessandra Tarantino
Jakarta -

Federico Chiesa terancam absen panjang karena menderita cedera anterior cruciate ligament (ACL). Juventus mau tak mau harus bergerak di bursa transfer untuk mencari penggantinya.

Cedera tersebut dialami Chiesa saat Juventus menang 4-3 atas AS Roma akhir pekan lalu. Penyerang 24 tahun itu hanya bermain sekitar setengah jam kemudian digantikan oleh Dejan Kulusevski. Sebelumnya, ia sempat merancang gol pertama Bianconeri yang dicetak Paulo Dybala.

Juventus telah memeriksa kondisi Chiesa, dan akan menjalani operasi pekan ini. Besar kemungkinan putra Enrico Chiesa itu harus menepi lama, bahkan disebut-sebut sampai akhir musim ini.

Situasi ini membuat Juventus harus melakukan penyesuaian. Dilaporkan Sky Sport Italia dan dikutip Football Italia, ada dua kebijakan transfer yang akan diambil pihak klub pada Januari ini.

Pertama, yakni menahan Dejan Kulusevski keluar dari Turin. Pemain berpaspor Swedia itu diketahui diminati oleh Tottenham Hotspur, dan Juventus kabarnya meminta 30-35 juta Euro agar bersedia melepasnya.

TURIN, ITALY - MARCH 06: Dejan Kulusevski of Juventus  is put under pressure by Mohamed Fares (L) and Luis Alberto (R) of SS Lazio  during the Serie A match between Juventus  and SS Lazio at Allianz Stadium on March 06, 2021 in Turin, Italy. Sporting stadiums around Italy remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Valerio Pennicino/Getty Images)Kulusevski (tengah) tak akan dilepas Juventus pada Januari ini. Foto: Getty Images/Valerio Pennicino

Kulusevski bisa menjadi pengganti Chiesa, mengingat sama-sama bisa menjadi winger atauapun penyerang. Juventus tak mau kehilangan dua pemain serba bisa sekaligus dalam satu waktu.

Kedua, yakni mencari rekrutan baru. Juventus masih mempertimbangkan apakah akan mengambil pemain yang berposisi sebagai penyerang tengah atau winger seperti halnya Chiesa. Namun pemain baru kemungkinan besar akan hadir di bursa transfer musim dingin.

Kehadiran pemain baru di lini depan diperkirakan tak akan membuat Juventus melepas pemain lain, seperti misalnya Alvaro Morata. Pengganti ini murni sebagai penambal lubang yang ditinggalkan Chiesa.

Dengan bursa transfer tersisa kurang dari tiga pekan, tak mudah bagi Juventus mencari pemain baru, terlebih dengan kondisi keuangan saat ini. Kemungkinan besar, Juventus mencari pemain gratisan atau dipinjam dengan opsi dipermanenkan di masa depan.

Belum diketahui siapa incaran Juventus saat ini, mengingat nama-nama yang sempat dirumorkan seperti Anthony Martial, Pierre-Emerick Aubameyang, hingga Memphis Depay semuanya belum ada langkah konkret.

Chiesa musim ini menjadi pemain andalan Juventus. Ia sudah tampil 18 kali di seluruh ajang, mencetak 4 gol dan 4 assist.

(adp/krs)